Sukses

Jokowi Sampaikan 2 Pidato Kenegaraan di Gedung DPR MPR Jumat 16 Agustus 2024

Setelah membacakan pidato kenegaraan, Jokowi akan bertolak ke IKN, Kalimantan Timur. Dia diagendakan memimpin upacara HUT RI perdana di ibu kota baru pada 17 Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyampaikan dua pidato kenegaraan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI Senayan Jakarta Pusat, Jumat 16 Agustus 2024. Pidato kenegaraan ini rutin dibacakan Jokowi menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI.

Pertama, Jokowi akan menyampaikan Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Pidato ini akan dibacakan Jokowi pada pukul 09.00 WIB.

"Besok, Jumat, 16 Agustus 2024, Bapak Presiden akan melakukan sejumlah kegiatan resmi. Mengawali agendanya, Bapak Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, Kamis (15/8/2024).

Kedua, Jokowi akan membacakan Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2025 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025. Rencananya, pidato ini akan disampaikan Jokowi pada pukul 13.00 WIB.

Setelah itu, Jokowi akan bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia diagendakan memimpin upacara HUT RI perdana di ibu kota baru pada 17 Agustus 2024.

"Pada malam hari pukul 00.00 WITA tanggal 17 Agustus 2024, Bapak Presiden diagendakan untuk melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN," jelas Yusuf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sidang Tahunan MPR 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Diundang

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar memastikan pihaknya telah mengundang Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam agenda Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD RI 2024.

Namun, hingga saat ini dia mengaku masih menunggu konfirmasi kembali mengenai kehadiran Gibran Rakabuming Raka.

"Capres terpilih diundang. Saya kira untuk yang cawapres kami masih mengkonfirmasi kembali," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Indra mengatakan dalam sidang tahunan kali ini pihaknya mengundang tamu-tamu kenegaraan, selain Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI Maruf Amin. Akan tetapi, pihaknya masih memastikan kembali kehadiran para tamunya.

"Ya prinsipnya tentu capres cawapres itu adalah tamu-tamu kehormatan selain presiden dan wakil presiden yang ada saat ini. Capres dan cawapres terpilih juga prinsipnya kami undang tapi kami masih harus mengkonfirmasi kembali kehadiran mereka ya," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Ini Skenario Arus Lalu Lintas Saat Sidang Tahunan 2024

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempersiapkan skenario rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan DPR/MPR Jakarta Pusat pada Jumat 16 Agustus 2024.

Pengalihan arus lalu lintas diberlakukan pada saat pelaksanaan sidang Tahunan MPR, DPR, DPD RI 2024. Namun, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebut, pemberlakuan bersifat situasional.

 "Kita berlakukan situasional untuk memastikan arus lalu lintas lancar," ucap Latif Usman saat dihubungi, Kamis (15/8/2024).

Latif menerangkan, pihaknya juga mengerahkan sekitar 600 personel lalu lintas untuk mengatur lalu-lalang kendaraan. "Jumlah personel lalu lintas sekitar 500-600 personel," ucap dia.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan:

1. Arus lalu lintas dari arah traffic light Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto diputar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi.

2. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulau Dua diluruskan ke arah Tol Tomang

3. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar atau Jalan Permata Hijau.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju traffic light Lapangan Tembak dibelokkan ke kanan ke Jalan pintu 1 Senayan atau diputar balikkan di traffic light Asia Afrika.

6. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat 2 atau Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda.

7. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.