Sukses

Puan Pastikan Kesiapan DPR Gelar Sidang Tahunan 2024

Puan Maharani meninjau lokasi Sidang Tahunan di Gedung Nusantara bersama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Lodewijk Freidrich Paulus, serta Sekjen DPR RI Indra Iskandar pada Kamis sore.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau persiapan Sidang Tahunan 2024 yang akan diselenggarakan pada Jumat 16 Agustus 2024. Ia memastikan semua perisapan sudah baik sehingga acara esok hari dapat berjalan lancar dan sukses.

Adapun rangkaian Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD akan diselenggarakan di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Puan Maharani meninjau lokasi Sidang Tahunan di Gedung Nusantara bersama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Lodewijk Freidrich Paulus, serta Sekjen DPR RI Indra Iskandar pada Kamis sore (15/8/2024).

"Semua persiapan sudah cukup baik dan bagus. Kita tinggal pastikan acara besok berjalan lancar dan sukses serta memberikan kesan yang baik bagi para undangan," ujar Puan dalam keterangannya, Kamis (15/8/2024).

Puan mengecek dari mulai dekorasi, deretan kursi, paduan suara, hingga memastikan rangkaian acara sudah dipersiapankan dengan baik. Ia tak segan turun langsung menata letak pulpen dan kertas yang akan digunakan saat acara Sidang Tahunan esok hari.

Puan memperhatikan dengan seksama ketika paduan suara tengah melakukan gladi bersih. Dia terkesan dengan penampilan paduan suara yang akan membawakan lagu-lagu Nusantara, salah satunya ampar-ampar Pisang.

"Ya paduan suaranya sudah bagus," ungkapnya.

Sidang Tahunan 2024 akan terdiri dari tiga agenda yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tema Sidang Tahunan MPR

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. Di agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan Pengantar Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia Maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

Saat melakukan pengecekan persiapan, Puan juga meminta glad ibersih dilakukan untuk Rapat Paripurna perdana DPR pada masa persidangan terakhir periode ini. Ia ingin memastikan semua persiapan sudah sesuai dengan protokol yang ditentukan.

"Sidang tahunan kali ini sangat spesial karena ini juga merupakan sidang terakhir di sisa periode DPR, DPD dan MPR periode 2019-2024," terang Puan.

3 dari 3 halaman

Jokowi Akan Sampaikan Pidato

Pada Sidang Tahunan 2024 pun Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pertanggungjawaban terakhirnya. Diperkirakan akan ada 3.000 tamu undangan yang hadir pada Sidang Tahunan 2024.

Selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sidang Bersama DPR-DPD yang masih dalam satu rangkaian dengan Sidang Tahunan MPR 2022 juga turut dihadiri sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden. Kemudian hadir pula pimpinan lembaga negara, serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Semua sudah dipersiapkan dengan baik. Kami berharap semua aman dan lancar ya. Pengamanan juga sudah siap untuk memastikan keamanan acara dan tamu undangan," jelas Puan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.