Sukses

Kabar PDIP Akan Diambil Alih, Ini Respons Puan Maharani

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi soal partainya akan diambil alih, di mana jal itu disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi soal partainya akan diambil alih, di mana jal itu disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia mengatakan, bahwa tidak ada pihak yang akan mengambil alih PDIP.

"Enggak, enggak ada. Kalau ada pun, ya enggak," kata Puan, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan bahwa ada pihak lain yang mencoba mengambil alih PDIP.

Oleh karena itu, Megawati bersedia kembali memimpin partai untuk lima tahun mendatang. Padahal, Megawati berencana untuk pensiun dari politik dan jabatan ketua umum PDIP.

"Gue mau pensiun ah. Aku udah punya cicit kan. Lucu banget. Aiiih tahu-tahu disuruh jadi ketum. Tapi enggak nurut. Eh gitu denger ini akan diambil PDIP. Saya mau jadi ketum lagi, hahaha. Keren apa enggak? Keren enggak? Benar enggak?" ucap Megawati di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Presiden kelima RI ini awalnya memilih untuk pensiun dari dunia politik di usianya yang ke-77. Dia juga ingin lebih banyak kumpul bersama keluarga.

Namun, banyak kader yang memintanya untuk kembali menjadi ketua umum PDIP untuk periode berikutnya.

"Umur 77, kalau menurut dari peraturan udah pensiun tahu. Ini kamu, ibu minta untuk jadi ketum lagi. Kalau orang kan senang banget ya. Aku bilang sama Hasto (Sekjen PDIP), gue pikirin dulu ya, To. Gue rasanya pengen juga kumpul sama keluarga. Ini disuruh jadi ketum lagi. Ketum lagi," ungkap Megawati Soekarnoputri.

Megawati kemudian mendengar isu ada upaya pihak lain untuk mengambil alih PDIP. Mendengar informasi itu, Megawati akhirnya mempertimbangkan kembali untuk memimpin PDIP. Karena dia khawatir partai yang sudah dibesarkannya diambil orang yang salah.

"Udah gitu sekarang ada orang mau ambil pula PDIP. Aduh gawat, gile," ujar putri Bung Karno ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasto Sebut Nama Jokowi soal Sosok yang Ingin Ambil Posisi Ketum PDIP

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan bahwa ada pihak lain yang mencoba mengambil alih PDIP. Hal itu disampaikan Megawati di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Menanggapi hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap pihak yang ingin merebut kursi Megawati adalah Presiden Jokowi. Hal itu diketahui Hasto dari informasi seorang mantan menteri yang mengaku mendapatkan langsung kabar dari rencana terkait.

“Ada seorang mantan menteri yang kemudian dihubungi oleh menteri dalam kabinet Bapak Jokowi yang menyatakan keinginan dari Pak Jokowi untuk menduduki posisi ketua umum PDI Perjuangan,” kata Hasto kepada awak media di Gedung Merah Putih KPK, Jakart, Kamis (15/8/2024).

Hasto menjelaskan, walau pun sampai saat ini belum terbukti. Tetapi melihat apa yang terjadi di Partai Golkar hari ini juga diawali dari sebuah rumor yang menjadi nyata yakni mundurnya Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar secara mendadak dan mengagetkan.

 

3 dari 3 halaman

Singgung Golkar

“Melihat apa yang terjadi pada Partai Golkar, yang mula-mula juga ada rumor seperti itu, ternyata itu kan terjadi. Maka apa yang disampaikan Bu Megawati Soekarnoputri tersebut, itu adalah benar, di sini kami ingin menegaskan bahwa Bu Mega bukan hanya ketua umum PDI Perjuangan, beliau putri proklamator, Bu Mega sudah menjadi bagian dari suatu ide, gagasan, cita-cita bagaimana negara hukum dibangun,” tegas Hasto. 

Bagi PDIP, Hasto mengatakan negara harus memiliki karakter pemimpin yang tidak otoriter. Maka dari itu, Megawati adalah sosok yang membangun legacy untuk melawan pemerintahan yang otoriter, korup dan penuh dengan nepotisme dan kolusi. 

“Bagaimana Ibu Mega penuh dengan gagasan tentang emansipasi, tentang meletakkan prinsip-prinsip demokrasi berada di tangan rakyat, nah karena itu lah sikap PDI Perjuangan sangat jelas,” Hasto menandasi.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • PDIP

  • Puan