Sukses

Prabowo soal Cawagub Ridwan Kamil di Jakarta: Nanti Pengumumannya Biar Tegang Sedikit

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga presiden terpilih 2024-2029 enggan membeberkan sosok bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024, apakah dari PKS atau lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga presiden terpilih 2024-2029 enggan membeberkan sosok bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024, apakah dari PKS atau lainnya.

"Nanti pada saatnya kita umumkan. Biar ada apa ya. Ya ada ketegangan dikit. Tapi kalian sudah tahu lah, wartawan lebih tahu kadang-kadang," tutur Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengumumkan pasangan calon untuk Pilkada Jakarta pada 19 Agustus mendatang.

"Secara resminya kami sepakat akan mengumumkan pada tanggal 19 Agustus kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Lebih lanjut, saat ditanya apakah pengumuman tersebut akan dihadiri semua partai KIM atau ada partai lain, Dasco tak menjawab secara lugas.

"Nanti untuk mengumumkannya apakah kemudian berapa partai atau semua partai kita akan rencanakan nanti" ujar Dasco.

Perihal siapa sosok yang akan diumumkan, apakah Ridwan Kamil dan Suswono, Dasco tak mengelak. Namun, dia meminta agar seluruh pihak untuk menanti secara resmi pada 19 Agustus mendatang.

"Itu kan nama yang beredar, ada juga ya tadi mungkin Pak Zul sudah ngomong, tapi pokoknya kita resminya umumkan tanggal 19," imbuh Dasco.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diumumkan Usai 17 Agustus 2024

Calon Gubernur Jakarta dari Partai Golkar Ridwan Kamil mengatakan deklarasi calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung oleh Partai Koalisi Indonesia Maju Plus atau KIM Plus di Pilkada Jakarta akan diumumkan usai 17 Agustus 2024.

"Insyaallah setelah Agustusan," ujar Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Dia pun membocorkan inisial sosok yang akan mendampinginya di Pilkada Jakarta, "Inisial 'S' sudah," kata Ridwan Kamil.

Saat ditanya, apakah inisial 'S' itu merujuk kepada Mantan Menteri Pertanian sekaligus kader PKS Suswono, Ridwan Kamil tak menjawab secara lugas.

"Banyak tuh 'S'," ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, partai yang akan mengusung Ridwan Kamil dan pasangannya di Pilgub Jakarta bukan hanya partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju saja.

Tetapi ada partai lain sehingga disebut KIM plus.

3 dari 3 halaman

PSI Usung Ridwan Kamil Jadi Cagub di Pilkada Jakarta

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara resmi mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon Gubernur Jakarta.

Dalam pengumuman calon kepala daerah yang diusung PSI di Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024), sang pembawa acara memanggil calon gubernur Jakarta yang akan diusung PSI. Sosok tersebut pun naik ke atas panggung sambil mengenakan helm full face.

Saat sosok tersebut naik ke atas panggung, lampu gedung pertemuan seketika mati sehingga membuat hadirin di dalam gedung bergemuruh.

Lampu kembali menyala ketika pria berhelm warna hitam itu berdiri di samping Kaesang Pangarep.

Ketika helm tersebut dibuka, wajah Ridwan Kamil pun terpampang dan langsung disambut gemuruh para hadirin yang datang. Demikian dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Ridwan Kamil juga secara resmi telah diusung Golkar untuk maju menjadi Gubernur Jakarta.

Pria yang akrab disapa RK itu diusung setelah bertemu dengan Airlangga Hartarto yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua Umum Golkar.

Saat ditanya siapa sosok yang tepat untuk mewakili RK, RK mengaku cocok dengan semua sosok yang akan disandingkan.

RK hanya menyerahkan urusan pemilihan Calon Wakil Gubernur Jakarta yang akan mendampinginya ke partai-partai koalisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini