Sukses

Top 3 News: BPIP Minta Maaf, Paskibraka Putri Boleh Berhijab Saat Upacara HUT RI di IKN

BPIP menyampaikan permohonan maaf atas pemberitaan yang berkembang terkait pelepasan jilbab atau hijab bagi Paskibraka Putri Tingkat Pusat Tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan permohonan maaf atas pemberitaan yang berkembang terkait pelepasan jilbab atau hijab bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Putri Tingkat Pusat Tahun 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Kini, mereka dipastikan dapat mengenakan jilbab atau hijab saat prosesi upacara HUT RI ke-79 di Ibukota Nusantara (IKN). Kepala BPIP Yudian Wahyudi turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran media dalam pemberitaan kiprah Paskibraka.

Menurut Yudian, BPIP telah mengambil sikap usai konferensi pers yang dilakukan oleh BPIP pada tanggal 14 Agustus 2024, termasuk dengan mencermati perkembangan pemberitaan perihal pelepasan jilbab bagi anggota Paskibraka Putri tersebut.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Sekretaris Senderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada hari ini Kamis 15 Agustus 2024.

Hasto Kristiyanto akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dikonfirmasi terpisah, Hasto membenarkan akan diperiksa KPK sebagai saksi pada hari ini. Menurut Hasto, sedianya pemeriksaan dilangsungkan besok, Jumat 15 Agustus 2024. Namun, karena ada kegiatan partai di Serang, Hasto meminta pemeriksaan dimajukan Jumat 15 Agustus 2024.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Politikus Senior Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan turut menanggapi soal nama Bahlil Lahadalia yang santer digadang-gadang bakal menjadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Menurut Luhut, Bahlil bagus-bagus saja menggantikan Airlangga Hartarto. Dia mengatakan, Bahlil sudah berkomunikasi dengannya terkait rencana maju sebagai Ketum Golkar.

Namun, Luhut tak menjawab saat ditanya apakah dirinya memberikan restu kepada Bahlil maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Munas 20 Agustus 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 15 Agustus 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. BPIP Minta Maaf, Paskibraka Putri Boleh Berhijab Saat Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan permohonan maaf atas pemberitaan yang berkembang terkait pelepasan jilbab atau hijab bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Putri Tingkat Pusat Tahun 2024.

Kini, mereka dipastikan dapat mengenakan jilbab atau hijab saat prosesi upacara HUT RI ke-79 di Ibukota Nusantara (IKN).

Kepala BPIP Yudian Wahyudi turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya atas peran media dalam pemberitaan kiprah Paskibraka.

"BPIP juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas pemberitaan yang berkembang terkait dengan berita pelepasan jilbab bagi Paskibraka Putri Tingkat Pusat Tahun 2024 yang menghiasi pemberitaan, baik yang ada di media online maupun media massa lainnya, yang berlangsung selama dua hari ini sejak tanggal 14 hingga 15 Agustus 2024," tutur Yudian dalam keterangannya, Kamis 15 Agustus 2024.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. KPK Periksa Sekjen PDIP Hasto Terkait Kasus Korupsi DJKA Kemenhub Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Sekretaris Senderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada Kamis 15 Agustus 2024.

Hasto Kristiyanto akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dikonfirmasi terpisah, Hasto membenarkan akan diperiksa KPK sebagai saksi pada hari ini. Menurut Hasto, sedianya pemeriksaan dilangsungkan besok, Jumat 16 Agustus 2024.

Namun, karena ada kegiatan partai di Serang, Hasto meminta pemeriksaan dimajukan hari ini.

"Saya mengusulkan ke KPK datang hari ini. Dan, sebagai warga negara yang mempunyai tanggung jawab untuk menegakkan hukum maka saya akan hadir sebagai saksi," kata Hasto kepada awak media di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis 15 Agustus 2024.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Bahlil Digadang Bakal Jadi Ketum Golkar Pengganti Airlangga, Luhut: Bagus-Bagus Saja

Politikus Senior Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan turut menanggapi soal nama Bahlil Lahadalia yang santer digadang-gadang bakal menjadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Menurut dia, Bahlil bagus-bagus saja menggantikan Airlangga.

"Bagus-bagus saja, itu kan haknya Munas," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024.

Dia mengatakan, Bahlil sudah berkomunikasi dengannya terkait rencana maju sebagai Ketum Golkar. Namun, Luhut tak menjawab saat ditanya apakah dirinya memberikan restu kepada Bahlil maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Munas 20 Agustus 2024.

"Tadi sudah ketemu (sama Bahlil)," ucapnya.

Di sisi lain, Luhut memastikan internal Partai Golkar saat ini baik-baik saja usai mundurnya Airlangga Hartarto.

"Golkar baik-baik saja kok," ujar Luhut.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.