Sukses

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Diusung PDI Perjuangan di Pilbup Bandung

Calon Bupati Bandung sekaligus petahana, Dadang Supriatna dan calon Wakil Bupati Bandung, Ali Syakieb, resmi diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Bandung Calon Bupati Bandung sekaligus petahana, Dadang Supriatna dan calon Wakil Bupati Bandung, Ali Syakieb, resmi diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung.

Dukungan PDI Perjuangan ditandai dengan penyerahan surat tugas dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, kepada Dadang Supriatna yang merupakan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jumat (16/8/2024).

"Ya, jadi memang PDI Perjuangan berproses, dari awal memang kita tidak menyiapkan calon kepala daerah untuk Pilkada Kabupaten Bandung. Sehingga tidak ada surat tugas yang diberikan kepada kader ataupun non kader dari PDI Perjuangan," ujar Ono dalam keterangan resminya.

Ia pun menjelaskan, proses mengusung Kang DS bermula dari adanya surat usulan dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung ke DPD PDIP Perjuangan Jawa Barat. Usai itu, DPD PDI Perjuangan Jabar langsung melakukan fit and proper test kepada Kang DS.

"Akhirnya hari ini kita sepakat untuk mengusung dan mendukung pasangan Dadang Supriatna dan Ali Syakieb dan akan segera diproses melalui DPP PDI Perjuangan untuk mendapatkan surat rekomendasi DPP," jelas Ono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepakat Usung Ono-Acep Adang

Sebelumnya diberitakan, PDI Perjuangan dan PKB sepakat menjalin koalisi untuk Pilgub Jawa Barat (Jabar). Kedua partai itu akan mengusung pasangan Ono Surono dan Acep Adang maju di Pilgub Jabar 2024.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ketut Sustiawan dalam keterangannya, Rabu (14/8/2024) malam, mengatakan kerja sama politik dengan PKB dilakukan di 13 kabupaten/kota, termasuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Untuk Pilgub Jabar, Ketut menemukan kesamaan visi dan misi dengan PKB. PDI Perjuangan menyodorkan nama Ono Surono sebagai bakal calon gubernur, sementara dari PKB ada sosok Acep Adang Ruhiyat yang menjadi bakal calon wakil gubernur.

"Untuk Pilgub Jabar ada kesepakatan, untuk calon gubernurnya ada Ono Surono dan wakilnya Kiai Acep Adang, yang akan kita bawa ke DPP masing-masing. Di Jawa Barat kita bersepakat untuk melanjutkan kerja sama ini di tingkat provinsi dalam hal kontestasi Pilkada Jawa Barat," ujarnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.