Sukses

HUT ke-79 RI, Ketum PBNU: Semoga Bisa Jadi Penanda untuk Nusantara Baru

Pemerintah menetapkan tema 'Nusantara Baru, Indonesia Maju' pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Tema tersebut dipilih karena HUT ke-79 RI bertepatan dengan tiga momen penting yaitu penyambutan ibu kota baru di IKN, momen pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf berharap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) menjadi penanda untuk nusantara baru. Harapan itu sejalan dengan tema peringatan HUT RI tahun ini.

"Peringatan hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan RI semoga bisa menjadi penanda untuk nusantara baru, penanda untuk Indonesia yang lebih maju," ujar Gus Yahya di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Pemerintah Indonesia menetapkan tema 'Nusantara Baru, Indonesia Maju' pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Tema tersebut dipilih karena HUT ke-79 RI bertepatan dengan tiga momen penting yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

Gus Yahya mewakili jamiyah Nahdlatul Ulama mengucapkan selamat merayakan HUT Kemerdekaan ke-79 RI bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tak lupa, ia mendoakan agar bangsa Indonesia selalu diberi rahmat dan pertolongan dari Sang Pencipta.

"Dengan rahmat Allah SWT. dengan pertolongan, bimbingan, anugerah, dan kekuatan Allah SWT. untuk segenap bangsa Indonesia," ucap Ketum PBNU ini memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sampaikan Terima Kasih kepada Rakyat Indonesia

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah bersama-sama melintasi tantangan dan perubahan selama 10 tahun ini dengan kuat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat.

"Kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada, yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan, sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini," kata Presiden.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi dan Ma'ruf Minta Maaf

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia di penghujung masa jabatannya yang menyisakan waktu sekitar dua bulan lagi untuk harapan yang belum bisa terwujud.

"Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai," kata Presiden.

Jokowi menyadari dirinya masih belum sempurna dalam memimpin Indonesia. Oleh karena itu, Kepala Negara merasa perlu meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas segala keterbatasannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini