Sukses

Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN

Acara yang digelar tepat pada pukul 00.00 WITA tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Acara yang digelar tepat pada pukul 00.00 WITA tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setibanya di Taman Kusuma Bangsa, Jokowi dan Iriana disambut oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo beserta istri untuk kemudian berjalan menuju area upacara. Bertindak sebagai perwira upacara adalah Brigjen TNI Bayu Permana yang menjabat sebagai Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, dan bertindak sebagai komandan upacara adalah Kombes Pol Matrius.

Jokowi selaku inspektur upacara kemudian memimpin apel kehormatan dan renungan suci. Dalam naskah yang dibacanya, Jokowi memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Tanah Air yang telah berjuang demi nusa dan bangsa.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu (17/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenang Jasa Pahlawan

Dia mengajak masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi tanah air dan turut mendoakan agar para pahlawan diterima di tempat yang sebaik-baiknya oleh Tuhan Yang Maha Esa.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Doa Bersama

Setelahnya, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta. Sedangkan doa bersama dipandu oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Jokowi kemudian melakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan Taman Kusuma Bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • IKN