Sukses

HUT ke-79 RI, Masyarakat Diminta Hentikan Aktivitas dan Berdiri Tegap Pukul 10.17 WIB

Pelaksanaan pengibaran bendera akan dilaksanakan di Istana Negara IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara militer peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan digelar di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Kendati begitu, upacara HUT ke-79 RI juga akan dilakukan di halaman Istana Merdeka Jakarta yang akan mengikuti upacara di IKN.

Pelaksanaan pengibaran bendera akan dilaksanakan di Istana Negara IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara.

Pemerintah pun meminta masyarakat menghentikan aktivitas sejenak untuk berdiri tegap pukul 10.17 sampai 10.20 WIB, saat pengibaran bendera merah putih di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Hal ini berdasarkan informasi yang dilansir dari surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Nomor B- 16/M/S/TU.00.03/08/2023 tentang Pedoman Peringatan HUT ke-79 RI Tahun 2023.

"Pada Tanggal 17 Agustus 2024, pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB segenap masyarakat Indonesia diimbau menghentikan aktivitasnya sejenak untuk berdiri tegap saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang serta Bendera Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara IKN dikibarkan," demikian dikutip Liputan6.com dari salinan surat edaran Mensesneg, Sabtu (17/8/2024).

Namun, ada pengecualian menghentikan aktivitas sejenak bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan. Jajaran TNI-Polri diminta membantu keberhasilan pelaksanaan tersebut di daerahnya masing-masing.

"Antara lain dengan memperdengarkan sirine atau suara penanda lainnya sesaat sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang," bunyi surat Mensesneg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Lokasi

Sebagai informasi, Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Tamu undangan yang menghadiri upacara di halaman Istana Merdeka akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN.

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Acara

Rangkaian Acara HUT RI di IKN

Pukul 00.00 WITA: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN.

Pukul 09.15 WITA: Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Pukul 10.15 WITA: Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN.

Pukul 11.00 WITA: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

 

Rangkaian Acara 17 Agustus 2024 di Istana Merdeka Jakarta

Pukul 00.00 WIB: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMPNU Kalibata

Pukul 08.15 WIB: Pertunjukan Kesenian di Halaman Istana Merdeka Jakarta

Pukul 10.00 WIB: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta

Pukul 14.45 WIB: Pertunjukan Kesenian di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta

Pukul 17.00 WIB: Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.