Sukses

Warga Mulai Berdatangan di Istana Negara IKN, Hadiri Upacara HUT ke-79 RI

Para warga mulai berdatangan sejak pukul 08.35 WITA. Para warga yang hadir diwajibkan membawa undangan dari pihak Istana.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT ke-79 RI akan dilakukan untuk pertama kalinya di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Pihak Istana sendiri mengundang pejabat negara dan masyarakat setempat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari IKN, para warga mulai berdatangan sejak pukul 08.35 WITA. Para warga yang hadir diwajibkan membawa undangan dari pihak Istana.

Tamu akan mendapatkan id card khusus. Mayoritas warga yang hadir mengenakan baju adat Dayak, Kalimantan Timur. Mereka juga antusias berfoto dengan latar berlakang Istana Garuda.

Pihak Istana sendiri menyiapkan tiga titik untuk masyarakat menyaksikan proses pengibaran bendera pusaka di Istana Negara IKN. Tiga titik tersebut terdiri dari, halaman Istana Negara IKN, luar gerbang Istana Negara, dan sumbu kebangsaan.

Selain itu, pihak Istana juga menyiapkan videotron untuk para tamu menyaksikan hiburan yang ada di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Pasalnya, HUT RI di IKN hanya difokuskan untuk upacara militer dan pengibaran bendera pusaka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Lokasi

Sebelumnya, Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Acara

Rangkaian Acara HUT RI di IKN

Pukul 00.00 WITA: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN.

Pukul 09.15 WITA: Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Pukul 10.15 WITA: Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN.

Pukul 11.00 WITA: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

 

Rangkaian Acara 17 Agustus 2024 di Istana Merdeka Jakarta

Pukul 00.00 WIB: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMPNU Kalibata

Pukul 08.15 WIB: Pertunjukan Kesenian di Halaman Istana Merdeka Jakarta

Pukul 10.00 WIB: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta

Pukul 14.45 WIB: Pertunjukan Kesenian di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta

Pukul 17.00 WIB: Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini