Sukses

Digelar di IKN dan Istana Merdeka, Ini Rangkaian Peringatan HUT ke-79 RI

Rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan dilakukan di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan dilakukan di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Acara akan dimulai dengan pertunjukan kesenian dari Halaman Istana Merdeka pukul 09.15 WIB.

Kemudian, Kepala Sekretariat Presiden menyerahkan Bendera Sang Merah Putihdan Naskah Proklamasi kepada Paskibraka dan Pengawal Bendera untuk diletakkan ke mimbar upacara di Istana Negara IKN.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

Sore harinya, akan dilakukan rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian pada pukul 14.45 WIB. Sementara itu, upacara penurunan bendera merah putih pada pukul 16.00 WIB atau 17.00 WITA.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak selaku inspektur upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HUT ke-79 RI, Wapres Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Manfaatkan Peluang Bangun Indonesia

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyatakan, peringatan HUT ke-79 RI di tahun 2024 merupakan salah satu momentum peringatan yang bersejarah. Sebab, selain dalam waktu dekat akan terjadi pergantian pemerintahan, saat ini Indonesia juga sedang dalam proses transisi pemindahan Ibu Kota Negara.

Menghadapi perubahan besar ini, Ma’ruf berharap seluruh masyarakat dapat terus bergandengan tangan membangun Indonesia Maju di setiap kesempatan yang ada.

“Saya berharap kita dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk terus memajukan Indonesia, baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun teknologi,” kata Ma’ruf dalam keterangannya, Sabtu (17/08/2024).

Ma’ruf menyampaikan, pemanfaatan seluruh peluang yang ada di berbagai bidang ini dapat membuahkan hasil yang baik apabila dilakukan dengan kerja keras dan sinergi.

“Dengan kerja keras, inovasi, dan sinergi kuat seluruh elemen bangsa, kita yakin akan dapat meraih masa depan Indonesia yang semakin gemilang,” imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Kerja Keras

“Tentu saja masih banyak tantangan yang harus dihadapi sebagai bangsa yang terus berkembang. Namun, saya yakin dengan semangat persatuan dan gotong royong yang telah mengakar kuat dalam diri bangsa Indonesia, kita akan mampu mengatasi segala rintangan tersebut,” tambahnya.

Ma’ruf menekankan, kerja keras dan sinergi yang dilakukan dapat menciptakan optimisme yang baik. Melalui optimisme ini, diharapkan semangat untuk terus bersinergi di tengah pergantian pemerintahan dapat dijaga untuk semakin membawa kebaikan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Apalagi tahun ini kita menyongsong masa peralihan pemerintahan baru, yang semoga memberi perubahan nyata dan kebermanfaatan yang merata hingga ke pelosok Indonesia,” tuturnya.

“Bersama-sama melangkah maju menuju Nusantara Baru, Indonesia Maju,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini