Sukses

Beda dengan di Istana Merdeka, Intip Souvenir Tamu Undangan HUT ke-79 RI di IKN

Perwakilan dari Paguyuban Warga Jember di Samarinda bernama Saipul (54) mendapatkan cinderamata itu. Ia merasa bangga diundang menghadiri upacara itu.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan HUT ke-79 RI pada tahun ini digelar di dua lokasi yakni di Jakarta dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. 

Istana turut mengundang masyarakat lokal untuk upacara di IKN. Mereka yang mengikuti upacara di IKN mendapatkan cinderamata.

Berbeda dengan souvenir di Istana Merdeka, cinderamata IKN, berwarna dominan biru dan putih. Isinya adalah tas jinjing berwarna biru, totebag berwarna biru, topi berwarna putih, kaos berwarna biru, dan notebook berwarna abu-abu.

Perwakilan dari Paguyuban Warga Jember di Samarinda bernama Saipul (54) mendapatkan cinderamata itu. Ia merasa bangga diundang menghadiri upacara itu.

"Senang sekali. Kami ada kesempatan diundang. Luar biasa. Tidak semua orang bisa diundang ke sini. Rasanya Paguyuban warga Jember dan paguyuban warga-warga lainnya diundang untuk menghadiri upacara di IKN ini yang perdana," ujarnya di IKN, Sabtu (17/8/2024).

Saipul berharap agar pembangunan di IKN bisa berjalan merata dan memberikan dampak positif, terutama bagi wilayah pedalaman Kalimantan Timur. Menurutnya, pembangunan IKN memiliki dampak baik.

“Setau saya efeknya bagus semua. Ya ada sih suara yang minor-minor, tapi mayoritas bagus aja menurut penilaian saya," tukasnya.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 17 Agustus 2024. Perayaan hari kemedekaan di IKN menjadi yang pertama dalam sejarah.

Sekitar 1.000 lebih tamu undangan akan berdatangan ke IKN pada pagi ini ke Penajam Paser Utara. Mereka adalah menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, tokoh agama dan budaya, hingga pekerja konstruksi sekitar proyek Nusantara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Intip Isi Souvenir Tamu Undangan Peringatan HUT Ke-79 RI di Istana Merdeka

Para tamu undangan acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia atau HUT ke-79 RI di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024) mulai berdatangan.

Usai dilakukan pengecekan, para tamu mendapat tas souvenir dan boks makanan. Isi tas souvenir tersebut antara lain tas totebag mewah bermotif kain adat, buku IKN, kaos hitam bergambar dan bertuliskan IKN Nusantara, boks besar putih berisi kain batik, kotak pena.

Salah satu warga, Andika mengaku senang mendapatkan undangan dan mendapatkan totebag tersebut. “Senang bisa ke Istana dan kaget rupanya ada totebag,” kata Andika.

Sebelumnya, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno telah tiba di acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Try tiba sekita pukul 08.20 WIB dan nampak mengenakan pakaian adat Jawa dan blangkon. Sementara Wapres Ma’ruf Amin dan wapres terpilih belum tiba di Istana Merdeka.

Pantauan Liputan6.com, warga telah datang ke Istana Merdeka sejak pukul 07.00 pagi, mereka mengenakan pakaian adat dan nampak antusias berfoto-foto di halaman istana.

Diketahui, pelaksanaan pengibaran bendera merah putih akan dilaksanakan di Istana Negara IKN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara. 

Sementara di Istana merdeka, juga menjadi tempat peringatan HUT RI dan acara hiburan di mana Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka akan hadir. 

Menurut Pedoman Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 yang dirilis Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), waktu Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI mengacu waktu Indonesia bagian barat yaitu pukul 10.00 WIB atau pukul 11.00 WITA di IKN.

3 dari 4 halaman

2 Lokasi

Sebagai informasi, Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Tamu undangan yang menghadiri upacara di halaman Istana Merdeka akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN.

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Acara

Rangkaian Acara HUT RI di IKN

Pukul 00.00 WITA: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN.

Pukul 09.15 WITA: Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Pukul 10.15 WITA: Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN.

Pukul 11.00 WITA: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

 

Rangkaian Acara 17 Agustus 2024 di Istana Merdeka Jakarta

Pukul 00.00 WIB: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMPNU Kalibata

Pukul 08.15 WIB: Pertunjukan Kesenian di Halaman Istana Merdeka Jakarta

Pukul 10.00 WIB: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta

Pukul 14.45 WIB: Pertunjukan Kesenian di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta

Pukul 17.00 WIB: Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Halaman Upacara Istana Merdeka Jakarta.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini