Sukses

Megawati di HUT ke-79 RI: Kedaulatan Rakyat Kini Diubah Wataknya dengan Rasa Takut

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyinggung soal adanya pihak-pihak yang berupaya membelokkan cita-cita kemerdekaan Indonesia melalui kekuasaan. Menurut dia, arah demokrasi pun turut berubah.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyinggung soal adanya pihak-pihak yang berupaya membelokkan cita-cita kemerdekaan Indonesia melalui kekuasaan. Menurut dia, arah demokrasi pun turut berubah.

Hal ini disampaikan Megawati dalam amanatnya saat bertindak sebagai pembina upacara HUT ke-79 RI yang digelar DPP PDIP di Parkiran Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

"Topangan kemerdekaan yang diletakan pada kedaulatan rakyat mencoba diganti dengan kedaulatan kekuasaan, hukum digeser maknanya dari keadilan yang hakiki menjadi alat intimidasi," kata Megawati.

Presiden Kelima RI ini juga menyoroti, konstitusi yang ikut dibelokkan penguasa demi kepentingan pribadi. Padahal, kata dia konstitusi harusnya menjadi landasan bagi pemimpin saat berkuasa.

"Konstitusi yang harusnya menjadi landasan pokok bagi pemimpin dan seluruh rakyat Indonesia untuk dijalankan dengan selurus-lurusnya, ternyata bisa seenaknya dibelokkan arahnya," ucap Megawati.

Kini, lanjutnya produk hukum pun penuh legalitas prosedural tanpa falsafah hukum dan kegunaan yang jelas bagi kepentingan rakyat. Megawati menilai, seluruh upaya membelokkan produk hukum berjalan secara sistematis dengan kemasan watak yang populis.

Megawati bilang, imbas dari perilaku penguasa itu membelenggu kedaulatan rakyat. Masyarakat, kata dia takut untuk menyampaikan pendapat.

"Namun, yang paling memprihatinkan adalah ketika kedaulatan rakyat sebagai pilar utama demokrasi kini diubah wataknya dan banyak yang dengan rasa takut dalam kehidupannya," kata dia.

"Sepertinya untuk berbicara kebenaran pun banyak yang sudah tidak sanggup, mulutnya terkunci, mulutnya terdiam," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati Memimpin Pengibaran Bendera Merah Putih di Hadapan Lautan Satgas PDIP

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menjadi pembina upacara dalam kegiatan pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka Perayaan Kemerdekaan RI di halaman Masjid At-Taufiq, Sekolah Partai, Sabtu (17/8/2024).

Komandan Upacara lalu meminta izin kepada Presiden Kelima RI itu untuk memulai Upacara Pengibaran Bendera.

Kemudian, Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) setelah diizinkan Komandan Upacara, memasuki lokasi tiang bendera yang berada tepat di depan Masjid At Taufiq.

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan mengantar Sang Merah Putih menuju tiang tertinggi.

Setelah Bendera Merah Putih berkibar, para peserta upacara diminta untuk mengheningkan cipta.

Selamjutnya, pembacaan teks Proklamasi dibawakan oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan Partai Komarudin Watubun. Kepala Badan Penanggulangan Bencana PDIP Ganip Warsito kemudian membacakan teks Pancasila.

Setelah itu, Wasekjen PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharmo membacakan teks Undang-Undang Dasar 1945.

Setelah proses tersebut, Megawati memberikan pengarahanan sebagai indpektur upacara di hadapan ribuan kader PDIP.

3 dari 3 halaman

Didampingi Prananda, Megawati Tiba di Halaman Masjid At-Taufiq Untuk Pimpin Upacara

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri tiba di halaman Masjid At-Taufiq untuk mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada Sabtu (17/8/2024).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Megawati yang tampak mengenakan pakaian berwarna merah tiba di halaman Masjid At-Taufiq sekira pukul 08.37 WIB.

Megawati tiba didampingi oleh putranya yang juga Ketua DPP DPIP bidang Ekonomi Kreatif Prananda Prabowo berserta istri, Nancy Prananda.

Megawati bersama putranya, Prananda Prabowo tampak disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto serta jajaran DPP Partai seperti Ahmad Basarah, Basuki Tjahja Purnama serta Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Puti Guntur Soekarno.

Dalam peringatan HUT ke-79 kemerdekaan RI, DPP PDI Perjuangan menggelar upacara di halaman Masjid At-Taufiq.

Megawati akan menjadi Pembina Upacara bersama jajaran DPP PDIP dan sekitar 5.000 Satgas PDIP yang akan ikut dalam Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini