Sukses

Cerita Puan Maharani Bermalam di Rumah Tapak IKN yang Akan Jadi Rumah Dinas Menteri

Ketua DPR RI Puan Maharani bermalam di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan, sebelum mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani bermalam di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan, sebelum mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI.

Dia mengaku nyaman menjajal rumah dinas untuk para menteri itu.

"Sudah siap mengikuti upacara 17 Agustus di Istana IKN. Saya berangkat dari rumah yg nantinya menjadi rumah jabatan menteri," kata Puan di IKN, Sabtu (17/8).

Puan tiba di IKN pada Jumat (16/8/2024) malam setelah mendarat di Balikpapan dan langsung menuju ke RTJM. Rumah tapak di IKN sendiri sudah memiliki teknologi smart home, yang sangat memudahkan penghuninya.

Puan menginap di RTJM nomor 5 dan menyatakan tidurnya sangat nyaman karena fasilitas dan kualitas rumah tapak yang sudah sangat baik.

"Semalam tidur di sini, Alhamdulillah semuanya baik walaupun belum sempurna tapi tidurnya semalam nyenyak. Rumahnya ok," tutur dia.

Dalam teknologi smart home tersebut, terdapat fitur-fitur yang memudahkan aktivitas rumah tangga, seperti menghidupkan lampu, menutup dan membuka gorden, menyalakan televisi, mengatur suhu udara, dan mengunci pintu (door lock system) secara one touch button.

Rumah tapak memiliki dua lantai dan basement dengan 9 kamar dan 3 kamar mandi. Di lantai 1 terdapat satu kamar dengan kamar mandi di dalam, lantai 2 memiliki 3 kamar dengan 1 kamar utama yang terdapat kamar mandi di dalam, untuk 5 kamar lainnya ada di basement.

Desainnya yang unik dan menarik membuat indah rumah tapak itu. RTJM didesain untuk dapat merespons kondisi topografi berkontur seperti di lokasi IKN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi PUPR

Memiliki luas bangunan 736 meter, rumah tapak juga terkoneksi langsung dengan command center. Hal itu dilakukan untuk menjaga dan memastikan keamanan, dan keselamatan penghuni.

"Saya apresiasi kepada Kementerian PUPR yang telah membangun rumah tapak dengan desain menarik dan teknologi yang canggih," ungkap Puan.

"Alhamdulilah semuanya baik walaupun masih banyak yang harus diperbaiki, tapi saya yakin nantinya pasti akan segera siap, rumah-rumah yang ada di IKN ini," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Berjalan Kaki

Puan berjalan kaki dari RTJM tempatnya menginap ke Istana IKN untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jarak dari RTJM ke Istana Negara IKN kurang lebih 10 menit dengan berjalan kaki.

Puan didapuk membacakan teks proklamasi dalam upacara HUT Ke-79 RI di IKN. Upacara ini menjadi upacara terakhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo sebelum pelantikan Presiden terpilih Oktober mendatang.

Untuk upacara di IKN ini, Puan mengenakan Kebaya Kartini berwarna merah delima yang mencerminkan semangat emansipasi wanita. Penampilan Puan dilengkapi dengan selendang sifon senada dengan kain batiknya yang membuat mantan Menko PMK itu semakin anggun.

"Semoga upacara peringatan HUT RI di IKN berjalan lancar dan khidmat," tutupnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.