Sukses

Momen Polantas Bogor Upacara HUT ke-79 RI di Simpang Gadog, Jalur Puncak Sempat Ditutup

Tak hanya petugas Polantas dari Satlantas Polres Bogor, para pengguna jalan juga tampak khidmat mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Liputan6.com, Bogor - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2024).

Jalur dari arah menuju Puncak Bogor yang berada persis di Simpang Gadog ditutup sementara selama upacara berlangsung.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, jalan mulai ditutup sekitar pada pukul 10.00 WIB. Pengendara yang hendak menuju Puncak baik dari arah Jalan Raya Ciawi maupun Tol Jagorawi diberhentikan.

Upacara detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine selama 1 menit. Upacara yang berjalan khidmat itu kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI.

Sejumlah polisi lalu lintas (Polantas) menggelar upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Simpang Gadong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2024). Jalur Puncak, Bogor sempat ditutup selama upacara detik-detik proklamasi berlangsung. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Tak hanya petugas Satlantas Polres Bogor, para pengguna jalan juga tampak khidmat mengikuti upacara perayaan kemerdekaan RI.

Upacara diakhiri dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Usai upacara, jalur kembali dibuka satu arah atau one way menuju Puncak.

"Kami sengaja menggelar upacara di Simpang Gadog sekaligus mengajak pengendara yang akan menuju kawasan wisata Puncak untuk sama-sama melaksanakan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto.

Menurutnya, para pengendara tampak antusias mengikuti upacara tersebut. Bahkan, sejumlah pemotor turun dan berdiri tegap mengikuti prosesi upacara kemerdekaan Indonesia. "Walaupun dengan cara yang sederhana, namun tetap terasa khidmat," pungkasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ribuan Pengendara Berhenti Sejenak Saat Detik-Detik Proklamasi

Sementara itu, Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI juga turut dirasakan para pengendara lalu lintas di Jalan Raya Margonda dan Jalan Raya Bogor, Depok. Menjelang detik-detik proklamasi, Satlantas Polres Metro Depok bersama Dinas Perhubungan, dan TNI turut mengajak pengendara menghentikan kendaraan sambil mendengarkan pembacaan teks proklamasi.

Kasatlantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra mengatakan, Satlantas Polres Metro Depok bersama TNI, dan Pemerintah Kota Depok yang diwakili Dinas Perhubungan, mengajak masyarakat Depok merenungkan sejenak pada peringatan HUT ke-79 RI. Seluruh pengendara dapat menghentikan kendaraannya sejenak mendengarkan pembacaan teks proklamasi pada pukul 10.00 WIB.

"Kami mengajak masyarakat Depok untuk renungan kembali perjuangan pahlawan bangsa kita yang 79 tahun lalu memerdekakan Republik yang kita cintai," ujar Multazam kepada Liputan6.com, Sabtu (17/8/2024).

Multazam menjelaskan, penghentian arus lalu lintas dilakukan selama kurang lima menit sehingga tidak ada pergerakan kendaraan di persimpangan atau pengaturan lampu lalu lintas. Terdapat empat titik persimpangan yang dijadikan lokasi mendengarkan pembacaan teks proklamasi yang diperdengarkan dari pengeras suara.

"Titiknya itu di Jalan Raya Margonda tiga titik, Jalan Raya Bogor satu titik," jelas Multazam.

 

3 dari 3 halaman

Apresiasi Antusiasme Pengguna Jalan

Satlantas Polres Metro Depok ingin mengajak masyarakat menunjukkan rasa nasionalisme di tengah kesibukannya saat melintas di Jalan Raya Margonda dan Jalan Raya Bogor. Satlantas Polres Metro Depok bersama TNI dan Pemerintah Kota Depok ingin menunjukkan nasionalisme dan mencintai pekerjaan meskipun berada di jalanan.

"Mari kita majukan negara kita yang kita cintai ini dari berbagai tempat, salah satunya di jalan raya tempat kami semua berdinas," ucap Multazam.

Multazam mengapresiasi antusiasme pengendara yang diberhentikan untuk memperdengarkan pembacaan teks proklamasi melalui pengeras suara. Tidak hanya itu, saat diperdengarkan lagu Indonesia Raya, para pengendara dan masyarakat sekitar turut memberikan penghormatan kemerdekaan Indonesia.

"Alhamdulillah, ternyata mereka ada yang turun dari kendaraannya memberikan penghormatan dengan berbagai caranya. Ada yang hormat, ada yang tangan menyilangkan ke dadanya, semua ekspresi kecintaan terhadap negara mereka tunjukkan dengan cara masing-masing," ungkap Multazam.

Usai pelaksanaan pembacaan teks proklamasi, arus lalu lintas di Jalan Raya Margonda dan Bogor kembali lancar. Satlantas Polres Metro Depok turut membantu pengaturan lalu lintas dan masyarakat memberikan apresiasi kepada kepolisian, TNI, dan Pemerintah Kota Depok.

"Setelah selesai, para pengendara memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan dan tidak sedikit mengucapkan terima kasih telah mengingatkan kemerdekaan Indonesia," pungkas Multazam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.