Sukses

Ikut Upacara Kemerdekaan di IKN, Puan Berbagi Cerita Soal RTJM yang Bakal Jadi Rumah Dinas Menteri

Dalam kesempatan itu, Puan mengaku kalau rumah tapak di IKN memiliki teknologi smart home yang sangat memudahkan penghuninya.

Liputan6.com, Kalimantan Timur Dalam rangka memperingati momen kemerdekaan Indonesia, Ketua DPR RI Puan Maharani bertolak ke Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Jumat (16/8) malam setelah mendarat di Balikpapan. Politikus Partai PDI Perjuangan itu pun bermalam di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) Nomor 5, sebelum mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI. 

"Alhamdulillah, hari ini 17 Agustus 2024 saya sudah berada di IKN untuk ikut melaksanakan upacara hari kemerdekaan ulang tahun Indonesia yang ke-79. Tadi malam menginap di salah satu rumah yang nantinya ditempati oleh menteri. Alhamdulillah semuanya baik walaupun belum sempurna dan tidurnya tadi malam nyenyak," ujar Puan di IKN, Sabtu (17/8) pagi.

Dalam kesempatan itu, Puan mengaku kalau rumah tapak di IKN memiliki teknologi smart home yang sangat memudahkan penghuninya. Puan mengatakan merasakan kenyamanan saat beristirahat karena fasilitas dan kualitas rumah tapak sudah sangat baik. 

"Alhamdulillah semuanya baik walaupun belum sempurna dan tidurnya tadi malam nyenyak," ujar perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Sekadar informasi, dalam teknologi smart home tersebut, terdapat fitur-fitur yang memudahkan aktivitas rumah tangga, seperti menghidupkan lampu, menutup dan membuka gorden, menyalakan televisi, mengatur suhu udara, dan mengunci pintu (door lock system) secara one touch button.

Rumah tapak memiliki dua lantai dan basement dengan 9 kamar dan 3 kamar mandi. Di lantai 1 terdapat satu kamar dengan kamar mandi di dalam, lantai 2 memiliki 3 kamar dengan 1 kamar utama yang terdapat kamar mandi di dalam, untuk 5 kamar lainnya ada di basement.

Desainnya yang unik dan menarik membuat indah rumah tapak itu. RTJM didesain agar dapat merespon kondisi topografi berkontur seperti di lokasi IKN. Dengan luas bangunan 736 meter, rumah tapak juga terkoneksi langsung dengan command center. Hal itu dilakukan untuk menjaga dan memastikan keamanan, dan keselamatan penghuni.

"Alhamdulillah hampir semuanya siap walaupun masih banyak yang harus diperbaiki, namun saya yakin nantinya segera siap rumah-rumah yang ada di IKN ini," kata Puan. 

Pagi ini, Puan berangkat dari RTJM tempatnya menginap ke Istana IKN untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI yang akan dipimpin Presiden Joko Widodo. Cucu Proklamator RI Bung Karno itu didapuk membacakan teks proklamasi dalam upacara HUT Ke-79 RI di IKN. Upacara ini menjadi upacara terakhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo sebelum pelantikan Presiden terpilih Oktober 2024. 

Untuk upacara di IKN ini, Puan mengenakan Kebaya Kartini berwarna merah delima yang mencerminkan semangat emansipasi wanita. Penampilan Puan dilengkapi dengan  selendang senada dengan kain batiknya yang membuat mantan Menko PMK itu semakin anggun.

"Semoga upacara peringatan HUT RI di IKN berjalan lancar dan khidmat," tutupnya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.