Sukses

Saat Istana Negara Jadi Sasaran Foto Tamu Undangan HUT RI di IKN

Bangunan Istana Negara yang dibelakangnya ada Istana Garuda langsung mencuri perhatian para tamu. Sebab, Istana Garuda memiliki kerangka bangunan seperti burung garuda.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara HUT ke-79 RI menjadi kesempatan bagi para tamu undangan yang terdiri dari, masyarakat maupun pejabat menginjakan kaki di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pasalnya, ini kali pertama HUT RI digelar di Lapangan Istana Negara IKN, Sabtu (17/8/2024).

Bangunan Istana Negara yang dibelakangnya ada Istana Garuda langsung mencuri perhatian para tamu. Sebab, Istana Garuda memiliki kerangka bangunan seperti burung garuda.

Tak ayal, para tamu undangan langsung antusias berfoto di lapangan dengan latar belakang Istana Negara IKN sekaligus Istana Garuda. Salah satu pejabat yang antusias berfoto yakni, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati.

Selain itu, ada relawan Jokowi, Immanuel Ebenezer yang juga berfoto di Istana Negara IKN. Tamu undangan langsung mengambil kamera ponselnya dan berfoto setibanya di lapangan Istana Negara IKN.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Upacara HUT ke-79 RI di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Ini kali pertamanya HUT RI digelar di IKN.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara pukul 10.55 WITA. Jokowi lalu menuju mimbar kehormatan untuk menjadi inspektur upacara.

Upacara Detik-detik Proklamasi lalu dimulai pukul 11.00 WITA, dengan ditandai dengan bunyi sirine dan dentuman meriam sebanyak 17 kali. Selanjutnya, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan naskah teks Proklamasi.

Kemudian, Jokowi memimpin tamu undangan untuk Menghentikan Cipta guna mengenang jasa para pahlawan. Lalu, pembacaan do'a oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosesi Pengibaran Bendera

Prosesi pengibaran bender pusaka dimulai pukul 11. 17 WITA. Berbeda dengan HUT RI sebelumnya, kali ini Jokowi tidak menyerahkan bendera pusaka di mimbar kehormatan

Namun, Jokowi berjalan ke podium penyerahan bendera. Dia lalu menyerahkan bendera pusaka kepada pembawa baki yakni, Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Bendera pusaka pun berhasil dikibarkan di Istana Negara IKN. Jokowi, Iriana, dan para tamu undangan lain pun bertepuk tangan.

Seperti diketahui, upacara HUT ke-79 RI digelar di dua lokasi yakni, IKN dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Prosesi pengibaran bendera dilakukan di IKN, sedangkan Istana Jakarta menampilkan kesenian dan hiburan.

Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto menghadiri upacara HUT RI di Istana Negara IKN. Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Istana Merdeka Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini