Sukses

Warga Antusias Saksikan Upacara Penurunan Bendera di IKN Lewat Layar Raksasa

Ma'ruf dan Gibran pun menyaksikan langsung upacara penurunan bendera Merah Putih di IKN lewat layar, Sabtu (17/8/2024). Momen bersejarah ini juga disambut antusias jutaan pasang mata, tak terkecuali mereka yang mau menyaksikan dari luar Kompleks Istana Merdeka, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Istana Merdeka, Jakarta menjadi tempat Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka melaksanakan upacara HUT ke-79 RI. Namun tahun ini, upacara pengibaran bendera merah putih dipusatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Ma'ruf dan Gibran pun menyaksikan langsung upacara penurunan bendera Merah Putih di IKN lewat layar, Sabtu (17/8/2024). Momen bersejarah ini juga disambut antusias jutaan pasang mata, tak terkecuali mereka yang mau menyaksikan dari luar Kompleks Istana Merdeka, Jakarta.

Pantauan di lokasi, meski harus berdiri dan kepanasan, mereka tetap antusias melihat prosesi tersebut walau hanya dari layar raksasa atau videotron yang disediakan di beberapa titik dekat Istana Merdeka Jakarta.

“Seru lihatnya sambil ajak keluarga jalan-jalan sore,” kata Rahmat di lokasi.

Dia pun berharap agar momentum kemerdekaan dapat menjadi tanda, agar Indonesia di usia barunya bisa lebih baik.

“Harapannya semoga Indonesia lebih baik,” harap dia.

Sebagai informasi, upacara peringatan hari kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia menjadi momentum pengukir sejarah. Sebab untuk pertama kalinya diperingati di dua lokasi berbeda, yakni Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Diketahui, upacara penaikan bendera dan penurunan bendera berlangsung lancar, aman dan khidmat. Momentum tersebut menjadi kali terakhir Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjabat sebagai kepala negara. 

Sebab pada tahun depan, penerusnya yaitu Prabowo-Gibran yang akan menggantikan dalam peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-80.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Pakai Baju Adat Banjar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT ke-79 RI di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024) sore. Jokowi tampak memakai baju adat Nusantara yang terinspirasi dari Banjar, Kalimantan Timur.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara pukul 16.40 WITA. Jokowi terlihat mengenakan baju adat Banjar bewarna merah dengan berbagai macam hiasan berwarna putih.

Penampilan Jokowi dilengkapi dengan topi dengan warna dan corak yang senada dengan bajunya. Baju adat Banjar tersebut biasanya dipakai laki-laki untuk acara pekawinan dan festival budaya.

Sementara itu, Iriana memakai baju adat Nusantara bewarna merah. Baju tersebut merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pakaian adat di Indonesia.

Upacara penurunan bendera merah putih dimulai pukul 16.48 WITA. Tim Paskibraka Indonesia Maju yang bertugas berhasil menurunkan bendera merah putih.

Selanjutnya, bendera tersebut diserahkan kepada Jokowi untuk disimpan kembali di Istana Negara IKN. Upacara penurunan bendera merah putih selesai pukul 17.18 WITA

Jokowi dan Iriana pun meninggalkan Hal ini sekaligus menandakan selesainya rangkaian HUT ke-79 RI baik di Istana Negara IKN maupun halaman Istana Merdeka Jakarta.   

3 dari 3 halaman

Jokowi Pakai Baju Adat Kutai

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di HUT ke-79 RI yang diselenggarakan di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu, (17/8/2024).

Dalam upacara itu, Jokowi mengenakan pakaian adat Kutai, Kalimantan Timur, begitu juga dengan Ibu Negara Iriana. Keduanya tampak serasi dengan menggenakan baju adat berwarna hitam tersebut. 

Sementara upacara ini diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta. Sementara komandan upacara yakni Kolonel Infanteri Nur Wahyudi yang merupakan lulusan Akademi Militer 2001 dengan jabatan Komandan Satuan 81 Kopassus.

Tim “Nusantara Baru” ditunjuk untuk bertugas pada momen bersejarah tersebut.

"Tadi pagi ini jam 7 kita sudah melaksanakan upacara dalam rangka penetapan kelompok Paskibraka dan komandan kompi Paskibraka dalam penaikan dan penurunan bendera," kata Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana, yang juga akan bertugas selaku perwira upacara.

"Kita sudah menetapkan tim ‘Nusantara Baru’ menjadi tim penaikan bendera dan tim ‘Indonesia Maju’ menjadi tim penurunan bendera pada sore nanti jam 17 WITA," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini