Sukses

HUT Ke-79 RI, Wapres Ma’ruf Sampaikan Pesan dan Harapan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan harapan dan pesan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto pada momen peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan harapan dan pesan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto di momen hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79. Ma’ruf berharap Prabowo bisa membawa Indonesia lebih baik lagi ke depannya

"Harapan saya presiden yang akan datang akan bisa membawa Republik Indonesia yang lebih baik lagi," kata Ma'ruf Amin, di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Ma’ruf juga mengaku terharu dengan peringatan HUT RI kali ini, sebab kali ini bertepatan dengan tahun terkahir dan pamitan bagi dirinya dan Presiden Jokowi.

“Pasti terharu saya bilang ini kan hari ulang tahun sekaligus pamitan kata bahasa agamanya wada ya, wada, tawaf wada, kita meninggalkan sebagai wakil presiden sangat terharu, diperingati dengan begitu meriah di dua tempat,” kata Ma’ruf.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin menyatakan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi lebih istimewa lantaran merupakan peringatan terakhir Ma’ruf Amin sebagai wapres.

Ma’ruf mengibaratkan sebagai tawaf wada atau pamitan. “Ya ini sangat berkesan karena ini yang terakhir, bagi saya ini upacara wada, iya kan ada tawaf wada (tawaf pamitan) haji wada nah sekarang ini upacara wada namanya pamitan untuk yang terakhir kali,” kata Ma’ruf.

Pada peringatan kali ini, Ma’ruf didampingi Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. Ma’ruf mengaku memberikan beberapa pesan kepada Gibran.

“Ngobrol biasa saja, saya berharap Mas Gibran bisa bekerja baik bisa fokus menghadapi tantangan ke depan yang diperkirakan tidak mudah, masalah global, nasional, geopolitik, pangan, energi ini kan banyak sekali masalahnya ,” kata Ma’ruf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ma

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berpesan kepada Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka agar siap menghadapi berbagai tantangan bangsa ke depan.

"Saya berharap Mas Gibran bisa bekerja lebih baik dan bisa fokus menghadapi tantangan-tantangan ke depan yang kita perkirakan tidak mudah," kata Ma'ruf di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Ma'ruf Amin mengingatkan jika tantangan tak hanya di lingkup nasional. Namun, juga mencakup geopolitik hingga kebutuhan rakyat.

"Soal masalah global, masalah nasional, masalah geopolitik, masalah pangan, masalah energi ini kan banyak sekali masalah," ucap dia.

Sebagai informasi, Ma'ruf dan Gibran mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Sedangkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih periode 2024-2029 mengikuti acara kenegaraan itu di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

3 dari 3 halaman

Ma’ruf Amin Maknai Upacara HUT ke-79 RI Kali Ini Sebagai Komitmen Pemerataan Pembangunan

Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Penurunan Bendera Sang Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momentum bersejarah karena pertama kali diselenggarakan di dua lokasi berbeda, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai, momentum istimewa ini dapat dimaknai sebagai wujud komitmen pemerintah dalam upaya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah tanah air.

"Karena dengan diadakannya di IKN itu menunjukkan bahwa pemerintah menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan wilayah baru yang nanti akan menjadi pusat kemajuan Indonesia masa depan," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu pagi (17/08/2024).

Lebih lanjut, Ma’ruf mengapresiasi penyelenggaraan upacara di dua tempat tersebut dan mengungkapkan rasa bangganya karena menjadi bagian dari momen bersejarah ini.

"Saya mengapresiasi ya, karena ini menurut saya suatu hal yang bersejarah, adanya upacara di dua tempat ini. Dan saya bangga karena saya ikut dalam momen yang bersejarah ini," tuturnya.

Ma’ruf juga sempat menjelaskan tentang pakaian adat yang dikenakannya saat menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka.

Menurut Wapres, dirinya beserta Wury Ma’ruf Amin pada kesempatan ini memakai busana adat Melayu Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kalau yang saya pakai ini namanya Teluk Belanga. Kalau Ibu, ini apa namanya itu, Buang Kuureng, baju kurunglah," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.