Sukses

Megawati-SBY Tak Hadiri HUT RI di IKN, Jokowi: Beliau Ada Kegiatan Penting

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghargai ketidakhadiran Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat HUT ke-79 RI di IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghargai ketidakhadiran Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Jokowi menyebut kedua tokoh tersebut memiliki agenda lain yang sangat penting.

"Ya karena beliau-beliau kan juga ada kegiatan yang sangat penting di tempat yang berbeda," kata Jokowi di Istana Negara IKN Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Ini merupakan kali pertamanya HUT RI yang digelar Jokowi tanpa kehadiran mantan presiden. Jokowi tak mempersoalkan ketidakhadiran Megawati dan SBY saat upacara perdana HUT RI di IKN.

"Saya kira kita harus menghargai karena beliau-beliau juga merayakan hari ulang tahun kemerdekaan di Jakarta, di Pacitan saya kira. Merayakan dimanapun sama," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengundang Megawati dan SBY para upacara HUT RI di IKN. Namun, Megawati menggelar HUT RI di Sekolah Partai PDIP di Jakarta Selatan. Sementara itu, SBY menggelar upacara di Pacitan, Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pimpin Upacara Penurunan Bendera di IKN, Jokowi Pakai Baju Adat Banjar Warna Merah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT ke-79 RI di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024) sore. Jokowi tampak memakai baju adat Nusantara yang terinspirasi dari Banjar, Kalimantan Timur.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara pukul 16.40 WITA. Jokowi terlihat mengenakan baju adat Banjar bewarna merah dengan berbagai macam hiasan berwarna putih.

Penampilan Jokowi dilengkapi dengan topi dengan warna dan corak yang senada dengan bajunya. Baju adat Banjar tersebut biasanya dipakai laki-laki untuk acara pekawinan dan festival budaya.

Sementara itu, Iriana memakai baju adat Nusantara bewarna merah. Baju tersebut merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pakaian adat di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Upacara Penurunan Bendera

Upacara penurunan bendera merah putih dimulai pukul 16.48 WITA. Tim Paskibraka Indonesia Maju yang bertugas berhasil menurunkan bendera merah putih.

Selanjutnya, bendera tersebut diserahkan kepada Jokowi untuk disimpan kembali di Istana Negara IKN. Upacara penurunan bendera merah putih selesai pukul 17.18 WITA

Jokowi dan Iriana pun meninggalkan Hal ini sekaligus menandakan selesainya rangkaian HUT ke-79 RI baik di Istana Negara IKN maupun halaman Istana Merdeka Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.