Sukses

Prabowo Pastikan HUT RI Tahun Depan Akan Kembali Digelar di IKN

Awalnya, awak media menanyakan soal upacara HUT RI berikutnya kepada Presiden Jokowi. Namun, Jokowi meminta agar hal tersebut ditanyakan kepada Prabowo yang akan memimpin HUT RI tahun depan.

Liputan6.com, Penajam Paser Utara - Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto memastikan bahwa Upacara HUT RI lima tahun ke depan akan kembali dipusatkan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Awalnya, awak media menanyakan soal upacara HUT RI berikutnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Namun, Jokowi meminta agar hal tersebut ditanyakan kepada Prabowo yang akan memimpin HUT RI tahun depan.

"(HUT RI) Tahun depan ditanyakan ke Pak Presiden Terpilih, Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

"InsyaAllah akan di sini (IKN) lagi," ucap Prabowo.

Kendati begitu, Prabowo belum dapat memastikan apakah HUT RI tahun depan akan kembali digelar di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Merdeka Jakarta seperti tahun ini atau berfokus di IKN saja.

"Ya kita lihat nanti, tapi intinya upacara di sini (IKN)," ujar Prabowo Subianto menegaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Bersyukur Perayaan HUT ke-79 RI Lancar dan Penuh Khidmat

Di sisi lain, Jokowi menilai HUT ke-79 RI di IKN berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Dia pun mengucapkan selamat ulang tahun ke-79 untuk Indonesia.

"Alhamdulillah dimulai dari tadi malam renungan suci. Kemudian tadi pagi dan siang dan penurunan bendera sore hari ini, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung. Pas kita istirahat, hujan sehingga suasana sejuk, suasana tidak panas, suasana upacara menjadi sangat khidmat," tutur Jokowi.

"Dan pada kesempatan yang baik ini sekali lagi kita mengucapkan Dirgahayu Hari Ulang tahun kemerdekaan yang ke-79 untuk seluruh rakyat sebangsa dan setanah air," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Momen Akrab Jokowi dan Prabowo Saat HUT ke-79 RI di IKN

Momen keakraban Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto terjadi pada saat Upacara HUT ke-79 RI Perdana di Istana Negara, IKN, Penajam Paser Utara, Sabtu (17/8/2024).

Keduanya tampak duduk berdampingan di mana Prabowo berada di sisi kanan Jokowi, sementara Ibu Iriana Joko Widodo berada di sisi kiri Jokowi.

Sesaat setelah Inspektur Upacara dan MC mengimbau Jokowi untuk menuju mimbar kehormatan. Prabowo terlihat menunggu Jokowi untuk duduk terlebih dahulu.

Sebelumnya, Jokowi juga menyalami Prabowo usai memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun saat Jokowi kembali ke podiumnya, Prabowo berdiri untuk menyambut Jokowi, kemudian Prabowo menyodorkan tangan untuk bersalaman.

Setelah keduanya duduk, Prabowo dan Jokowi juga tampak berbincang dan saling melempar senyum antar keduanya.

Pada momen HUT RI ke-79 ini, Prabowo menggunakan pakaian beskap berwarna hitam adat khas Jawa Timur dibalut mengenakan blangkon Udeng. Sementara, Jokowi mengenakan pakaian adat Kustin Kutai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.