Sukses

BPIP Berterimakasih Atas Kerja Keras Paskibraka di IKN

BPIP telah menggembleng para Paskibraka 2024 sehingga mereka sangat siap bertugas mengibarkan Sang Merah Putih pertama kalinya di IKN Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Yudian Wahyudi mengapresiasi tugas Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 dapat dijalankan dengan baik di ruang tunggu Paskibraka di Istana IKN, Sabtu (17/8/2024).

Hal itu disampaikan Prof Yudian didampingi Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina, dan Pengarah Program Paskibraka dan Deputi Bidang Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi, Jaringan, Ir. Prakoso.

“Kesiapan fisik dan mental para Paskibraka yang terdiri dari 76 putera-puteri terbaik dari 38 provinsi ini telah dilatih sejak Bulan Juli 2024 di Cibubur di bawah binaan BPIP. Sehingga mereka siap ditempatkan pada posisi apapun,” kata Yudian seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (17/8/2024).

Yudian mengatakan, BPIP telah menggembleng para Paskibraka 2024 sehingga mereka sangat siap bertugas mengibarkan Sang Merah Putih pertama kalinya di IKN Nusantara.

Dirinya mengaku, selain BPIP, terdapat andil sejumlah pihak sehingga para Paskibraka tampil prima, di antaranya, kakak-kakak pamong dari DPPI Pusat, para pelatih dari TNI/Polri, tim medis, termasuk rekan-rekan media yang sudah menjadi sumber informasi bagi para orang tua, keluarga, kerabat, dan sahabat para Paskibraka yang tidak dapat memegang telepon genggam selama pemusatan pendidikan dan pelatihan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menunjang keberhasilan adik-adik (Paskibraka) dalam menjalankan tugas negara,” bangga dia.

“Terima kasih kepada para pelatih, DPPI Pusat dan daerah, pemerintah daerah, rekan-rekan media, para dokter, psikolog, hingga juru masak, dan ahli gizi”, imbuhnya Prof Yudian menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertama Kali

Diketahui, Sang Saka Merah Putih telah berhasil berkibar di Ibu Kota Nusantara untuk pertama kalinya, hari ini. Pengibaran tersebut tidak lepas dari kerja keras para tim Paskibraka.

Pada upacara pengibaran tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin langsung apel HUT ke-79 RI di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara pukul 10.55 WITA. Kepala negara lalu menuju mimbar kehormatan untuk menjadi inspektur upacara. Prosesi pengibaran bender pusaka dimulai pukul 11.17 WITA.

3 dari 3 halaman

Dikibarkan

Berbeda dengan HUT RI sebelumnya, kali ini Jokowi tidak menyerahkan bendera pusaka di mimbar kehormatan. Namun, Jokowi berjalan ke podium penyerahan bendera.

Dia lalu menyerahkan bendera pusaka kepada pembawa baki yakni, Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Bendera pusaka pun berhasil dikibarkan di Istana Negara IKN. Jokowi, Iriana, dan para tamu undangan lain pun bertepuk tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini