Sukses

Cerita AHY Dapat Sepeda Jokowi Usai Menang Pakaian Adat Terbaik HUT RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan hadiah sepeda kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan istrinya, Annisa Pohan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan hadiah sepeda kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan istrinya, Annisa Pohan. Hal ini lantaran AHY dan Annisa berhasil menang pakaian adat terbaik saat upacara penurunan bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

AHY dan Annisa Pohan mengenakan baju adat Bugis dari Sulawesi Selatan bewarna merah maroon dengan sedikit aksen emas. AHY mengaku baju tersebut merupakan pilihan sang istri.

"Kita menggunakan Bugis ya, Sulawesi Selatan. Warna maroon dengan sedikit gold, begitu. Jadi warna Indonesia merah putihlah. Jadi filosofinya sederhana sekali," kata AHY kepada wartawan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

AHY mengakui bahwa tidak mudah mengenakan pakaian adat Bugis. Namun, AHY senang dapat memakai dan memperkenalkan baju adat daerah saat HUT ke-79 RI.

"Kita senang saja, gitu. Walaupun mungkin agak sedikit repot, tapi senang saja setiap kali menggunakan pakaian khas dari berbagai daerah," ujar AHY.

Ketua Umum Partai Demokrat itu kaget saat namanya dan sang istri diumumkan sebagai salah satu pemenang pakaian adat terbaik. AHY sendiri akan menggunakan hadiah sepeda yang diberi Jokowi untuk mengecek tanah.

"Nah sepedanya untuk ngecek tanah. Yang spesialnya ada tulisannya ini (sepeda Presiden Jokowi)," ucap AHY.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenakan Baju Adat Banjar, Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Sebelumnya, Presiden Jokowi memimpin upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT ke-79 RI di Lapangan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu sore (17/8/2024). Jokowi tampak memakai baju adat Nusantara yang terinspirasi dari Banjar, Kalimantan Timur.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara pukul 16.40 WITA. Jokowi terlihat mengenakan baju adat Banjar bewarna merah dengan berbagai macam hiasan.

Penampilan Jokowi dilengkapi dengan topi dengan warna dan corak yang senada dengan bajunya. Baju adat Banjar tersebut biasanya dipakai laki-laki untuk acara perkawinan dan festival budaya.

Sementara itu, Iriana memakai baju adat Nusantara bewarna merah. Baju tersebut merupakan hasil kolaborasi dari berbagai palaian adat di Indonesia.

Upacara penurunan bendera dimulai pukul 16.48 WITA. Tim Paskibraka Indonesia Maju yang bertugas berhasil menurunkan bendera merah putih.

Selanjutnya, bendera tersebut diserahkan kepada Jokowi untuk disimpan kembali di Istana Negara IKN. Upacara penurunan bendera merah putih selesai pukul 17.18 WITA.

Jokowi dan Iriana pun meninggalkan lokasi dan hal ini sekaligus menandakan selesainya rangkaian HUT ke-79 RI baik di Istana Negara IKN maupun halaman Istana Merdeka Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.