Sukses

Uniknya Cendera Mata Tamu HUT ke-79 RI, Tas Bisa Berubah Jadi Jaket

Tamu undangan yang menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mendapatkan sejumlah souvenir atau cendera mata.

Liputan6.com, Jakarta - Tamu undangan yang menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mendapatkan sejumlah souvenir atau cendera mata. Mulai dari, topi, kaos, buku catatan, hingga goodiebag.

Cendera mata itu dibungkus dalam sebuah tas selempang berbahan parasut. Ada tiga warna tas yang berbeda yakni merah, biru, dan abu-abu.

Ada hal yang unik dari cendera mata itu. Tas yang membungkus itu ternyata bisa sekaligus dijadikan jaket. Apabila tas tersebut dibalik, maka bisa berubah menjadi jaket pakai berbahan parasut.

Upacara HUT ke-79 RI digelar di dua lokasi yakni, IKN dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Prosesi pengibaran bendera dilakukan di IKN, sedangkan Istana Jakarta menampilkan kesenian dan hiburan.

Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto menghadiri upacara HUT RI di Istana Negara IKN. Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Istana Merdeka Jakarta.

Jokowi menilai HUT ke-79 RI di IKN berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Dia pun mengucapkan selamat ulang tahun ke-79 untuk Indonesia.

"Alhamdulillah dimulai dari tadi malam renungan suci. Kemudian tadi pagi dan siang dan penurunan bendera sore hari ini, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung. Pas kita istirahat, hujan sehingga suasana sejuk, suasana tidak panas, suasana upacara menjadi sangat khidmat," tutur Jokowi di Istana Negara IKN, Sabtu (17/8/2024).

"Dan pada kesempatan yang baik ini sekali lagi kita mengucapkan Dirgahayu Hari Ulang tahun kemerdekaan yang ke-79 untuk seluruh rakyat sebangsa dan setanah air," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intip Isi Souvenir Tamu Undangan Peringatan HUT Ke-79 RI di Istana Merdeka

Para tamu undangan acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia atau HUT ke-79 RI di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024) mulai berdatangan.

Usai dilakukan pengecekan, para tamu mendapat tas souvenir dan boks makanan. Isi tas souvenir tersebut antara lain tas totebag mewah bermotif kain adat, buku IKN, kaos hitam bergambar dan bertuliskan IKN Nusantara, boks besar putih berisi kain batik, kotak pena.

Berbeda dengan souvenir di Istana Merdeka, cinderamata IKN saat HUT ke-79 RI berwarna dominan biru dan putih. (Merdeka).

Salah satu warga, Andika mengaku senang mendapatkan undangan dan mendapatkan totebag tersebut.

"Senang bisa ke Istana dan kaget rupanya ada totebag," kata Andika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.