Sukses

Peringatan HUT RI ke-79, Kementerian PUPR Berkontribusi Aktif Wujudkan Infrastruktur Indonesia Maju

Kementerian PUPR dalam 10 tahun terakhir telah banyak yang selesai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, antara lain di bidang sumber daya air melalui pembangunan bendungan yang diikuti jaringan irigasi baru.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemeridekaan Republik Indonesia ke-79, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan di Lapangan Sapta Taruna, Kementerian PUPR, Jakarta pada Sabtu (17/8/2024). Upacara yang mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” ini dihadiri oleh para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan Kementerian PUPR serta perwakilan insan PUPR dari setiap unit organisasi.

Mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Jenderal Mohammad Zainal Fatah yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan, tema Upacara HUT ke-79 RI ini sangat spesial dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di dua tempat yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka Jakarta. 

“Kita patut bangga bahwa Kementerian PUPR berkontribusi aktif dalam pembangunan infrastruktur mendukung terwujudnya IKN. Beberapa infrastruktur Kementerian PUPR yang telah selesai dan diresmikan oleh Presiden Jokowi antara lain Bendungan Sepaku Semoi, Jembatan Pulau Balang, Plaza Seremoni, dan Taman Kusuma Bangsa,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Sekjen Zainal Fatah juga menyampaikan, dalam pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI – DPD RI 2024, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa selama 10 tahun, pemerintah telah mampu membangun sebuah pondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesia-sentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar.

“Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dalam 10 tahun terakhir telah banyak yang selesai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, antara lain di bidang sumber daya air melalui pembangunan 61 bendungan dimana telah selesai 43 bendungan,” kata Sekjen Zainal Fatah. 

Zainal Fatah menambahkan pembangunan bendungan juga diikuti oleh pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1,1 juta hektar dan rehabilitasi 4,3 juta hektar sehingga meningkatkan luas cakupan sawah yang air irigasinya berasal dari bendungan jumlahnya meningkat dari semula 11% di tahun 2014 menjadi 19% di tahun 2024) dan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari 1,5 di tahun 2014 menjadi 2,5 di tahun 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wujudkan Konektivitas Lewat Pembangunan Jalan Tol Sepanjang 2.700 Km

Sementara itu, infrastruktur konektivitas juga dibangun untuk mengurangi biaya logistik melalui pembangunan jalan tol sepanjang 2.700 km, dan pembangunan jalan nasional yang juga terus dilanjutkan hingga sepanjang 6.000 km. Dilakukan pula penanganan jalan daerah berdasarkan Inpres Jalan Daerah (IJD). Capaian IJD pada tahun 2023 sepanjang 3.195 km jalan daerah terbangun dan didukung dengan jembatan sepanjang 3 km.

“Selain itu, kita juga telah melaksanakan pembangunan infrastruktur air minum dalam mendukung akses air minum layak bagi masyarakat sebesar 92% hingga 2023 melalui pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Untuk akses sanitasi layak, saat ini mencapai sebesar 82% melalui pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALD-T). Di bidang perumahan dilakukan melalui Program Sejuta Rumah (PSR) yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dengan capaian 8,2 juta unit,” tambah Sekjen Zainal Fatah.

Sekjen Zainal Fatah menyampaikan, pada tahun 2025 Kementerian PUPR juga akan melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab Kementerian PUPR ke depan sangat berat. Dan ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur juga semakin tinggi.

“Saya minta para insan PUPR untuk menanamkan karakter kuat, berani dan berjiwa seni. Kuat karena kompeten, berani karena berintegritas, berjiwa seni karena membutuhkan inovasi dan improvisasi dalam bekerja. Fighting spirit atau jiwa petarung yang tidak mudah menyerah menghadapi tantangan di masa depan harus terus kita pupuk dan miliki,” pesan Sekjen Zainal Fatah.

Sekjen Zainal Fatah juga mengingatkan agar para insan PUPR terus meneladani semangat Peringatan HUT ke-79 RI dengan selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam pelaksanaan tugas.

“Marilah kita jadikan Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia ini sebagai momentum memperkuat motivasi kita untuk selalu memberikan yang terbaik yang kita bisa,” tandas Sekjen Zainal Fatah.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini