Sukses

Upacara HUT RI ke-79 di IKN Pertama dalam Sejarah, Menteri Basuki Pakai Baju Adat Dayak

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengenakan baju adat peci bercorak khas Suku Dayak saat menghadiri Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Penajam Paser Utara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Ibu Kartika Basuki Hadimuljono menghadiri Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Perayaan Hari Kemerdekaan RI di IKN ini terasa spesial karena menjadi yang pertama kali dalam sejarah. 

Basuki yang juga menjabat Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) didampingi Ibu Kartika Basuki Hadimuljono mengenakan baju adat peci bercorak khas Suku Dayak.

Menteri Basuki mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN menjadi momentum untuk membulatkan motivasi pembangunan bangsa yang berkelanjutan.

"Pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN secara keseluruhan berjalan lancar," kata Basuki.

Dukungan infrastruktur telah disiapkan Kementerian PUPR seperti akses menuju Istana Negara dan Istana Garuda dapat melalui jalan Sumbu Barat (1.980 meter), jalan feeder “grande” di Gerbang Istana (430 meter), jalan Sumbu Timur (2.100 meter), jalan feeder Lingkar Sepaku 2 (550 meter), akses tol 6C dan bundaran Sumbu Barat dan Timur (576 meter). Jalan menuju Istana Negara dan Istana Garuda telah difungsionalkan sepanjang 1.260 meter dan semua jalan tersebut sudah dengan perkerasan aspal. 

"Masyarakat maupun para tamu dari Kota Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan sudah bisa lewat Tol Akses IKN dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 11 exit gate Karangjoang, kemudian melewati Jalan Nasional Akses TPK Kariangau dan Tol IKN fungsional (Seksi 3A - 3B – 5A - Jembatan Pulau Balang Panjang)," jelasnya. 

Selain itu, Plaza Seremoni juga difungsikan menampung tamu undangan dan panitia pendukung seperti area Ceremonial Lawn (Visitor Center, Amphitheater, Forest Trail, toilet umum, dan Retail/Galeri untuk UMKM). Tampak masyarakat sangat antusias mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi di Ibu Kota Nusantara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahasiswi Kagumi Pembangunan Infrastruktur IKN

Salah satu Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang tengah KKN di Penajam Paser Utara, Neomesis Debora Praise Karinda mengaku kagum dengan kecepatan pembangunan infrastruktur IKN.

Dia berharap pembangunan IKN tetap berlanjut sehingga menjadi salah satu barometer dunia. 

"Saya kaget begitu masuk IKN, cepat banget pembangunannya. Antusiasme masyarakat mengikuti upacara di sini juga banyak banget, semoga IKN menjadi salah satu barometer smart city di dunia," kata Debora. 

Adapun upacara 17 Agustus pertama di IKN dipimpin oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dengan didampingi Presiden Terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto. Sementara acara di Jakarta dipimpin Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi wakil presiden terpilih Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini