Sukses

Reshuffle Kabinet, Jokowi Akan Lantik Menteri dan Kepala Badan Baru Pagi Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet terhadap sejumlah menterinya hari ini, Senin (19/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melakukan reshuffle menteri-menterinya hari ini, Senin (19/8/2024). Selain menteri, ada juga wakil menteri dan dua kepala badan setingkat kementerian.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan posisi menteri yang akan terkena reshuffle kabinet adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi, dan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo).

Ada pula dua kepala lembaga yang baru yang akan dilantik. Mereka adalah kepala lembaga Badan Gizi Nasional dan kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Nantinya, lanjut Yusuf, akan hadir lembaga baru setingkat kementerian baru di kabinet Jokowi, yaitu kepala Kantor Komunikasi Presiden.

"Pelantikan pukul 09.30 WIB," jelas Yusuf, Senin (19/8/2024).

Yusuf memastikan, semua menteri hadir dan mereka menteri dibolehkan membawa keluarga saat pelantikan.

Sebagai informasi, berdasarkan informasi diterima redaksi, posisi Menkumham nantinya akan diisi oleh Supratman Andi Agtas seorang politikus Partai Gerindra. Posisi itu dijabat oleh politikus PDIP Yasonna Laoly.

Sementara itu, Menteri ESDM akan diisi oleh Politikus Golkar Bahlil Lahadalia. Dia menggeser Arifin Tasrif, seorang profesional yang dikenal dekat dengan PDIP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Pemenangan Prabowo-Gibran

Nantinya, posisi ditinggalkan Bahlil akan diisi oleh Rosan Roeslani yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Selanjutnya, Angga Raka Prabowo dikabarkan bakal mengisi posisi Wakil Menkominfo. Angga dikenal sebagai orang dekat Prabowo Subianto yang turut terlibat dalam pemenangan Pilpres Prabowo-Gibran di bidang komunikasi dengan pers.

Terkait Kepala Badan Komunikasi Presiden, ini adalah badan baru setingkat kementerian. Kabarnya akan diisi oleh Hasan Nasbi yang juga ambil bagian dalam pemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

Video Terkini