Sukses

Jokowi Resmi Lantik 3 Menteri dan 1 Wakil Menteri Baru, Berikut Daftarnya

Usai membaca sumpah yang didiktekan Presiden Jokowi, para menteri dan wakil menteri baru pun menandatangani surat pelantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga orang menteri baru di kabinetnya. Jokowi juga melantik satu wakil menteri.

Mereka yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi. Kemudian, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Sebelum saya mengambil sumpah, sebagai menteri negara dan wakil menteri negara, terlebih dahulu saya akan bertanya dulu kepada saudara-saudara, bersediakah saudara diambil sumpah?," tanya Jokowi kepada para menteri di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Bersedia," jawab mereka.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Usai disumpah, mereka pun menandatangani surat pelantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reshuffle Kabinet Jokowi, Airlangga Hartarto: Mungkin Bagian dari Transisi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8/2024). Airlangga mengatakan, kehadirannya hari ini untuk kegiatan pelantikan menteri baru di kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pelantikan menteri," kata Airlangga di lokasi, Senin.

Terkait pergantian tersebut, Airlangga tidak berkomentar lebih detail. Dia hanya berasumsi mungkin saja reshuffle kabinet hari ini menjadi bagian dari transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo.

"Mungkin bagian dari transisi," singkat dia.

Saat disinggung apakah menteri-menteri terkait bagian dari keberlanjutan, Airlangga mengaku tidak tahu. "Saya tidak tahu," ucap dia.

Sebagai informasi, pelantikan menteri baru akan dilangsungkan pukul 09.30 WIB. Tampak mereka yang akan dilantik sudah tiba di Istana Kepresidenan Jakarta. Termasuk menteri kabinet Jokowi, seperti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agraria Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie.

Nantinya posisi Menkumham akan diisi oleh Supratman Andi Agtas seorang politikus Partai Gerindra. Sebelumnya, posisi itu dijabat oleh politikus PDIP Yasonna Laoly.

Sementara itu, Menteri ESDM akan diisi oleh Politikus Golkar Bahlil Lahadalia. Dia menggeser Arifin Tasrif, seorang profesional yang dikenal dekat dengan PDIP.

Kemudian, posisi yang ditinggalkan Bahlil sebagai Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Ketua Tim Kapanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Selanjutnya, Angga Raka Prabowo dikabarkan bakal mengisi posisi Wakil Menkominfo. Angga dikenal sebagai orang dekat Prabowo Subianto yang turut terlibat dalam pemenangan Pilpres Prabowo-Gibran di bidang komunikasi dengan pers.

Terkait Kepala Badan Komunikasi Presiden, diketahui ini adalah badan baru setingkat kementerian. Kabarnya akan diisi oleh Hasan Nasbi yang juga turut terlibat dalam TKN Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

3 dari 3 halaman

Yasonna Laoly: I

Sebelumnya, Yasonna yang merupakan politikus PDI Perjuangan (PDIP) mengaku siap jika dirinya terkena reshuffle kabinet. Dia mengatakan bahwa perombakan menteri adalah hak prerogatif presiden. 

"Itu reshuffle kewenangan sepenuhnya hak Presiden RI. I'm more than ready," kata Yasonna di kutip Senin (19/8/2024).

Kemudian, pos kementerian yang dikabarkan akan diganti ialah Menteri ESDM yang dijabat Arifin Tasrif akan digantikan Bahlil Lahadalia. Sementara itu, posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM yang saat ini dijabat Bahlil akan diisi oleh Rosan Roeslani. Rosan sendiri merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Selain itu, Jokowi dikabarkan akan melantik Kepala Badan Gizi dan Kepala BPOM. Badan Gizi sendiri merupakan badan baru yang dibentuk Jokowi pada Agustus 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini