Sukses

Prabowo Tak Hadiri Pelantikan Menteri Baru Kabinet Jokowi

Elite dari partai yang dipimpin Prabowo Subianto yakni Gerindra terlihat hadir di acara pelantikan. Mereka adalah Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik menteri, wakil menteri, dan kepala badan baru pada hari ini, Senin (19/8/2024) di Istana Negara Jakarta. Tujuh posisi tersebut adalah Menteri Hukum dan HAM, Menteri Investasi, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo).

Kemudian, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Kepala Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM), dan Kepala Badan Gizi Nasional.

Pantauan di lokasi, tampak hadir menteri-menteri di kabinet Indonesia Maju. Namun, tidak terlihat Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

Hanya saja, elite dari partainya Prabowo yakni Gerindra terlihat hadir. Mereka adalah Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Informasi dari tim internal Prabowo Subianto, ketidakhadirannya karena ada agenda diplomasi ke Australia dan Papua Nugini.

Sementara itu, mereka yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM, Menkumham diisi oleh Supratman Andi Agtas, dan Menteri Investasi Rosan Roeslani. Terakhir adalah Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kemudian Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional, dan Taruna Ikrar sebagai Kepala BPOM.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Resmi Lantik 3 Menteri dan 1 Wakil Menteri Baru, Berikut Daftarnya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga orang menteri baru di kabinetnya. Jokowi juga melantik satu wakil menteri.

Mereka yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi. Kemudian, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Sebelum saya mengambil sumpah, sebagai menteri negara dan wakil menteri negara, terlebih dahulu saya akan bertanya dulu kepada saudara-saudara, bersediakah saudara diambil sumpah?," tanya Jokowi kepada para menteri di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Bersedia," jawab mereka.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Usai disumpah, mereka pun menandatangani surat pelantikan.

Untuk diketahui, Supratman Andi Atgas menggantikan posisi Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM. Bahlil Lahadalia menggantikan Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM.

Kemudian, posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM yang dijabat Bahlil diganti oleh Rosan Roeslani. Rosan sendiri merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • menteri

  • menteri baru

Video Terkini