Sukses

Pemkot Tangsel Maknai HUT ke-79 RI Jadi Momentum Kebersamaan Menyongsong Indonesia Maju

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) turut memeriahkan perayaan HUT ke-79 RI dengan berbagai kegiatan yang semarak.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) pada Sabtu 17 Agustus 2024 begitu meriah dan dipenuhi dengan antusiasme masyarakat.

Berbagai kegiatan dan perayaan unik digelar berbagai pihak untuk menyemarakkan HUT ke-79 RI, tak terkecuali oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel).

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie memastikan, perayaan HUT RI di wilayahnya cukup istimewa, bahkan berbeda dari tahun sebelumnya.

Salah satu yang membuat perayaan tahun ini berbeda, menurutnya adalah kegiatan peringatan proklamasi yang digelar di Batalyon Kavaleri.

"Yang kedua, kami atau masyarakat seluruhnya diperkenalkan dengan kendaraan-kendaraan tempur milik Batalyon Kavaleri di Tangsel. Kemudian juga tadi dilakukan demo keahlian para prajurit dari Kavaleri untuk membebaskan sandera. Saya kira ini sebuah hal yang tidak biasa dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Benyamin, melalui keterangan tertulis, Minggu (18/8/2024).

Tak kalah penting, lanjut dia, perayaan teks proklamasi tahun ini diikuti 13 narapidana eks terorisme. Semuanya sudah atas rekomendasi dari Badan Intelijen Negara (BIN).

"Jadi banyak yang luar biasa dalam peringatan proklamasi tahun ini," papar Benyamin.

Dia mengatakan, pada momen HUT ke-79 RI, Pemkot Tangsel juga memberikan apresiasi kepada keluarga veteran berupa santunan, serta bantuan-bantuan lain berupa 9 bahan pokok hingga kesehatan.

Menurutnya, perayaan ini juga dijadikan momentum bagi Pemkot Tangsel untuk memberikan penghargaan Satya Lencana kepada para pegawai, ASN, kelompok masyarakat yang berprestasi.

"Kita juga bagi kelompok masyarakat yang berprestasi di bidang teknologi, di bidang ilmu pengetahuan, dan bidang-bidang yang lainnya kita berikan apresiasi piagam. Tadi juga disalurkan BPJS Ketenagakerjaan bagi dua orang penerima. Jumlahnya, alhamdulillah cukup besar, Rp100 juta lebih," ucap Benyamin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harap Jadi Momentum Masyarakat Tangsel Menyongsong Indonesia Maju

Benyamin juga menilai, HUT ke-79 RI menjadi momen istimewa. Ia berharap dengan perayaan HUT RI tahun ini, bisa menjadi momentum bagi masyarakat Tangsel untuk bersama-sama menyongsong Indonesia Maju.

"Ini yang kita harapkan dan insya Allah ke depan Tangerang Selatan akan terus bergerak maju, semakin maju, semakin nyaman di Tangerang Selatan," tandas dia.

Semangat yang sama juga diungkapkan Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan dalam perayaan HUT ke-79 RI. Ia percaya, perayaan ini menjadi momentum tepat bagi masyarakat Tangsel memaknai kebersamaan menyongsong Indonesia maju.

"Yang selanjutnya adalah bagaimana momentum ini kami maknai kebersamaan dalam menyongsong Indonesia yang baru dengan tagline Nusantara Baru, Indonesia Maju. Bagaimana kita memiliki ibu kota negara yang baru, ya tentu saja kami seluruh unsur yang ada di kota Tangerang Selatan ini sangat mendukung sekali dan sangat berbahagia sekali," ujar Pilar.

"Mudah-mudahan ke depannya Indonesia Emas akan bisa tercapai dengan segala langkah-langkah pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah dengan dukungan masyarakat. Nah ini momentum di 79 tahun ini karena memang first time kita lihat bahwa pemerintah pusat menyelenggarakan perayaan di IKN. Kita semua yang ada di daerah sangat senang sekali dan sangat menyambut baik langkah-langkah tersebut," sambung dia.

 

3 dari 5 halaman

Tangsel Lakukan Berbagai Program Pembangunan

Pada kesempatan itu, Pilar mengatakan, Pemkot Tangsel saat ini sudah melakukan berbagai program pembangunan di wilayahnya yang merupakan bagian dari upaya memajukan Indonesia, baik dari sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, budaya, hingga ekonomi.

"Program pembangunan yang ada di Tangerang Selatan, baik itu pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial, budaya, ekonomi dan lain sebagainya, harus bisa melihat isu-isu strategis daerah," ucap dia.

"Juga memang harus memenuhi skala prioritas yang tercantum dalam RPJMD kami. Alhamdulillah sampai saat ini berkat dukungan daripada seluruh masyarakat di Tangerang Selatan semua itu bisa berjalan selama tiga tahun masa pemerintahan Pak Wali Kota dengan saya," sambung Pilar.

Menurut dia, upaya-upaya Pemkot Tangsel tersebut cukup memuaskan. Pilar menilai,, program-program yang dilaksanakan Pemkot Tangsel telah memberikan dampak yang signifikan. Salah satunya, mampu mengurangi angka kemiskinan ekstrem di wilayah Tangsel.

"Masalah pengangguran, isu masalah kesehatan, lalu juga masalah infrastruktur yang benar-benar krusial di Tangerang Selatan ini alhamdulillah bisa ditangani, bisa dilaksanakan dari tahun ke tahunnya," papar Pilar.

 

4 dari 5 halaman

Pertumbuhan Ekonomi Tangsel Juga Positif

Pilar menilai, pertumbuhan ekonomi di Tangsel juga menunjukkan laju yang positif. Menurutnya, bisa dikatakan, laju pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut mengalami peningkatan setelah sempat mengalami minus pada masa pandemi covid-19.

"Sekarang alhamdulillah laju pertumbuhan ekonomi kita seiring dengan geliat ekonomi masyarakat sekarang meningkat," kata dia.

Kemudian, lanjut Pilar, peningkatan juga terjadi pada sumber daya manusia. Indeks pembangunan manusia Tangsel saat ini berada di angka 83 poin, di mana pada tahun sebelumnya berada di angka 81 poin.

"Artinya bahwa kualitas sumber daya manusia, kualitas ekonomi di Tangerang Selatan ini terus bergeliat. Itu tidak lepas daripada peran-peran stakeholder yang ada di wilayah," terang dia.

Pilar pun berharap agar ke depannya peningkatan ini bisa selalu ditunjukkan Pemkot Tangsel. Guna mewujudkannya, Pemkot Tangsel harus selalu memperhatikan lima elemen atau pentahelix.

Di mana, kata dia, ini merupakan langkah sinergi antara pemerintah, unsur swasta atau dunia usaha, akademisi, lalu juga masyarakat, organisasi masyarakat, dan juga insan pers.

 

5 dari 5 halaman

Euforia perayaan HUT ke-79 RI di Kota Tangerang Selatan

Adapun perayaan HUT ke-79 RI ini berlangsung dengan baik dan meriah. Termasuk pelaksanaan upacara bendera yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan perayaan tersebut.

Hal ini dirasakan salah satu petugas paskibraka, Aura Putri Pristiasya. Ia juga mengaku bangga bisa mendapat kesempatan menjadi anggota paskibraka dalam perayaan ini.

"Pastinya bangga, terharu, dan enggak percaya juga bisa di titik ini. Karena banyak banget proses yang harus dilewati, dari mulai seleksi, pra-TC, TC, dan sampai sekarang pelaksanaan," kata Aura.

Aura mengaku untuk masuk anggota paskibraka bukan hal mudah. Ia harus mengikuti proses seleksi yang cukup ketat dan melakukan persiapan TC selama dua minggu.

"Persiapannya pastinya saya kuatin fisik, mental, karena kegiatan di sini benar-benar menguras habis tenaga," kata Aura.

Aura juga mengaku terkesan selama melaksanakan tugasnya dalam perayaan ini. Meski sempat grogi, ia akhirnya mampu menjalani tugasnya dengan baik.

"Saya kan pasukan 17. Saya merasa jantung pengen copot, tapi kita harus tetap atur nafasnya, enggak boleh berlebihan kan, karena ketara banget kalau misalnya berlebihan," tuturnya.

Perayaan HUT ke-79 RI yang digelar Pemkot Tangsel mendapat apresiasi dari salah satu veteran bernama Nur Hasan. Ia menilai perayaan ini sangat istimewa.

"Pemuda, pemudi, baik pun wartawan, semua kumpul. Sangat istimewa," kata Nur.

Nur pun menilai perayaan HUT RI ini bisa dijadikan sebagai momentum bagi generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk memajukan Indonesia. Ia juga berpesan agar para pemuda di Indonesia tidak perlu malu dan ragu untuk menyemarakkan kemerdekaan Tanah Air.

"Siapapun, sekadang pemuda, pemudi harus mengatakan kepada bangsa kita ini semua harus, jangan segan-segan, jangan takut-takut kemerdekaan terus sampaikan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.