Sukses

Oso Buka Munas Hanura, Ingatkan Kader untuk Siap Hadapi Berbagai Tantangan

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau Oso membuka Musyawarah Nasional (Munas) IV Partai Hanura di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) IV di Bali pada 18-20 Agustus 2024.

Kegiatan yang mengusung tema 'Hanura Baru, Daerah Maju, Indonesia Bersatu' ini dihadiri ribuan kader dari DPP, DPD, hingga DPC seluruh Indonesia. Salah satu agendanya yaitu pemilihan Ketua Umum Partai Hanura Periode 2024-2029.

Mengawali orasinya di pembukaan Munas IV, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau Oso, dikejutkan dengan nyanyian selamat ulang tahun dari ribuan kader Partai Hanura. Untuk diketahui, Oso memang merayakan ulang tahunnya yang ke-74.

OSO pun nampak tersenyum haru melihat rubuan kader yang mengucapkan selamat kepadanya. Tak lama berselang, pria kelahiran Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar) ini pun melanjutkan orasi politiknya.

"Ini agenda politik lima tahunan. Tidak hanya untuk memilih ketua umum, melainkan untuk introspeksi kita bersama, dan menyusun agenda politik ke depan," ujar Oso, melalui keterangan tertulis, Minggu (18/8/2024).

Lebih lanjut, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2017-2019 ini mengingat 8 tahun sejak dirinya diberi mandat menimpin Partai Hanura. Oso mengaku melewati suka dan duka bersama dengan jutaan kader Partai Hanura di Indonesia.

"Tantangan, gangguan, rongrongan, yang ingin menghancurkan partai, kita hadapi dengan kemenangan. Hingga kini, Hanura masih berdiri kokoh," ucap Oso.

Dia mengatakan, semangat yang dilatari persahabatan, persaudaraan, telah membentuk kader memiliki solidaritas, militansi, dan menjadi petarung tangguh.

"Siap menghadapi segala tantangan di setiap medan pertempuran. Bangkit, Jaya, Menang, Hanura," kata Oso.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Politik Harus Jadi Pelajaran

Oso mengingatkan kerja politik lima tahun ke belakang, harus jadi pelajaran. Sebab, kata dia, berani mengakui kekurangan, bukan kehinaan. Bangkit adalah keharusan, dan memenangkan masa depan adalah kesadaran.

"Jika belum mencapapi target, belum lolos ke Senayan, Pilpres calon yang kita dukung belum mampu dimenangkan, mari tidak saling menyalahkan. Ini masalah kita bersama dan mendorong kita bangkit," pesan Oso.

Menurut dia, Hanura akan bangkit menghadapi agenda politik terdekat, Pilkada Serentak. Partainya turut mengusung 11 pasangan Cagub-Cawagub dan 245 Cabup-Cawabup, Cawalkot, dan Cawawalkot di Pilkada Serentak akhir November mendatang.

Dia pun mendesak, seluruh jajaran partai dari atas hingga ke bawah, seluruh anggota DPRD terpilih, bergerak serentak, kerja turun ke bawah, memenangkan calon kepala daerah di seluruh Pilkada yang didukung Partai Hanura.

Oso meminta, pasukannya mendekati dan menangkan hati rakyat. Yakinkan Hanura adalah partai yang komit, teguh, utuh, dan senantiasa berpihak kepada daerah.

"Kita berjuang terus memajukan daerah, Partai kita tagline-nya berpihak kepada daerah. Daerah makmur, Indonesia makmur. Daerah maju, ekonomi bangkit, baru Indonesia makmur," ucap dia.

"Sudah 79 tahun bangsa ini merdeka, apakah daerah sudah makmur? Jiwa saya, jiwa Partai Hanura, hati nurani kita, adalah kesejahteraan rakyat daerah," tandas Oso.

 

3 dari 3 halaman

Hanya Merekomendasikan Oso

Usai orasi, secara simbolis Oso didampingi Sekjen Partai Hanura Benny Rhamdani, Wakil Ketua Umum Harian Herry Lontung Siregar, dan sejumlah pengurus, memukul gong 10 kali tanda dibukannya Munas V Partai Hanura.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Munas V Hanura dibuka," ucap Oso.

Sementara itu, Ketua DPP Hanura sekaligus Ketua Steering Committee Akhmad Muqowam mengakui, dalam Munas kali ini pihaknya membahas arah haluan partai dan apakah masuk atau tidak dalam koalisi Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Selain itu, Munas juga membahas aturan dasar organisasi hingga program kerja ke depan.

Soal agenda pemilihan Ketua Umum, Muqowam memastikan, belum ada nama lain selain OSO yang diusulkan kembali memimpin partai.

"Sejauh ini, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura di seluruh Indonesia hanya merekomendasikan nama Pak Oso," kata Muqowam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.