Sukses

Usai Dilantik sebagai Menteri ESDM, Bahlil Salami Airlangga dan Peluk Hangat AGK

Bahlil Lahadalia resmi menjabat posisi baru sebagai menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. Bahlil dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta Bahlil Lahadalia resmi menjabat posisi baru sebagai menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. Bahlil Lahadalia dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

Usai pelantikan, para menteri bersalaman dengan mereka yang dilantik. Tidak terkecuali Bahlil dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK).

Diketahui ketiganya adalah politikus Partai Golkar yang disebut-sebut hubungannya sedang menghangat sebagai mantan ketua umum, calon ketua umum dan pelaksana (plt) ketua umum.

Pantauan di lokasi, Bahlil yang dihampiri Airlangga dalam barisan, bersalaman menyambutnya dengan ramah. Keduanya pun tampak senyum dan saling menjabat dengan erat.

"Tum (ketua umum)," sapa Bahlil kepada Airlangga.

Airlangga pun membalas dengan senyuman dan keduanya menghadap ke kamera usai dipanggil awak media. Tidak ada obrolan yang panjang antara keduanya. Usai bersalaman, Airlangga pun melanjutkan bersalaman dengan menteri baru lainnya.

Usai dengan Airlangga, tampak AGK yang juga menghampiri Bahlil. Kehangatan ditampilkan keduanya. Usai bersalaman, Agus Gumiwang Kartasasmita sempat memeluk Bahlil dan cipika-cipiki. Keduanya tampak tersenyum lebar ke arah kamera pewarta.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi melantik tiga orang menteri dan satu orang wakil menteri. Selain itu, ada juga tiga orang setingkat menteri yang mengisi jabatan sebagai kepala badan.

Berikut daftarnya:

1. Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM

2. Supratman Andi Agtas sebagai Menkum HAM

3. Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi

4. Angga Raka Prabowo sebagai wakil menteri komunikasi

5. Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Presiden

6. Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional

7. Taruna Ikrar sebagai Kepala BPOM

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahlil Buka Suara soal Jadi Calon Tunggal Ketum Golkar Pengganti Airlangga

Politikus Golkar Bahlil Lahadalia akhirnya bersuara soal anggapan dirinya adalah calon tunggal ketua umum Partai Golkar selanjutnya pada Musyawarah Nasional XI Partai Golkar di 20 Agustus mendatang.

Bahlil mengaku dirinya belum terlalu paham terkait kabar tersebut, sebab dirinya mengaku tidak mengikuti detail dari dinamika yang sedang berjalan.

"Hmm, saya sendiri belum ikuti terlalu detail ya. Nanti kan Munasnya itu akan dilakukan tanggal 20 Agustus pendaftarannya itu yang saya dapat laporan bahwa akan dilakukan di tanggal 19 Agustus," kata Bahlil Lahadalia di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Bahlil berjanji, bisa menyampaikan lebih detail hal tersebut jika sudah mendekati tanggalnya. Dia meminta publik sekarang bersabar dan mengikuti prosesnya.

"Jadi mungkin nanti setelah pendaftaran baru kita bisa tahu bagaimana mekanismenya,” jelas dia.

Soal dukungan yang diklaim sudah mencapai 2/3 dari seluruh DPD Partai Golkar, Bahlil lagi-lagi mengaku tidak tahu. Dia meminta kepada semua pihak untuk menunggu tanggal 20 Agustus mendatang.

"Tanggal 20 nanti kita lihat," jelas dia.

Soal pertemuan antara dirinya, Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo, lagi-lagi Bahlil memilih bungkam. Dia memilih tidak mau membocorokannya.

"Nanti kita lihat, nanti kita lihat ya. Munasnya nanti kita lihat ya," dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.