Sukses

Jokowi Terima Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah Palestina

Menlu Retno menjelaskan, penghargaan diberikan ke Jokowi karena Republik Indonesia dinilai sangat konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Palestina, yakni Grand Collar Order of the State of Palestine. Penghargaan itu diserahkan oleh Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad Al Maliki, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/8/2024).

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas dukungan konsisten Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8/2024).

Retno menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan ke Jokowi karena Republik Indonesia dinilai sangat konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Selain memberikan penghargaan, Utusan Khusus juga menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Abbas kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Menurut Retno, Presiden Mahmoud Abbas mengapresiasi peran penting Indonesia dalam mendukung rakyat Palestina, termasuk advokasi Indonesia untuk gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan solusi dua negara.

"Bapak Presiden (Jokowi) antara lain menyampaikan kejelasan mengenai posisi Indonesia yang konsisten untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina. Indonesia juga akan terus menyuarakan gencatan senjata, bantuan kemanusiaan yang tanpa terkendala, dan tentunya solusi dua negara," jelas Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi jug menegaskan kembali posisi Indonesia yang akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina, serta komitmen untuk memperjuangkan pengakuan internasional dan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

"Indonesia juga akan terus melakukan pendekatan kepada negara-negara anggota PBB agar mengakui Palestina dan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB," janji Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan Erat Indonesia dan Palestina

Saat menyampaikan penghargaan, sebagai Penasihat Khusus Presiden Palestina, Riyad Al Maliki menegaskan penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan atas upaya Presiden Jokowi dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Palestina serta dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk kebebasan dan kemerdekaan.

"Penyerahan penghargaan ini menegaskan eratnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina, serta komitmen Indonesia dalam mendukung hak-hak Palestina di panggung internasional,” ungkap Al Maliki

Sebagai informasi, turut mendampingi Presiden pada pertemuan tersebut yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara Utusan Khusus Presiden Palestina Riyad Al Maliki didampingi oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun.

 

3 dari 3 halaman

Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Indonesia Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan terus memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, khususnya bangsa Palestina. Jokowi menekankan Indonesia juga terus memperjuangkan perdamaian dunia.

"Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi saat menyampaikan amanat dalam Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Dia menyampaikan peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh. Hal ini ditandai dengan keberhasilan Indonesia menjadi pemimpin G20 dan Ketua ASEAN pada tahun 2024.

"Dan (Indonesia) terus berkontribusi pada dunia, termasuk melalui World Water Forum yang baru saja kita selenggarakan (di Bali)," ujarnya.

Jokowi menuturkan keaktifkan dalam dunia internasional, tak menyurutkan perjuangan Indonesia untuk berdikari dalam bidang ekonomi. Dia menekankan Indonesia terus memperjuangkan kemandirian ekonomi, melalui industrialisasi di dalam negeri dan hilirisasi berbagai sektor.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini