Sukses

Terpilih Secara Aklamasi di Munas, Oso Kembali Jadi Ketua Umum Partai Hanura

Oesman Sapta Odang (Oso) terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Hanura periode 2024-2029 di hari terakhir Musyawarah Nasional (Munas) IV di Bali, Senin (19/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Oesman Sapta Odang (Oso) terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Hanura periode 2024-2029 di hari terakhir Musyawarah Nasional (Munas) IV di The Stones Hotel, Legian, Bali, Senin (19/8/2024).

Dalam rapat pleno Munas IV Partai Hanura, ribuan peserta dari DPP, DPD, hingga DPC Partai Hanura telah sepakat meminta Oso kembali memimpin partai lima tahun kedepan.

Rapat pleno dipimpin oleh Ketua Sidang Ahmad Muqowan, Sekretaris Surfani, serta Marwan Paris, Benny Rhamdani, dan I Kadek Arimbawa sebagai anggota.

Rapat pleno berjalan dengan suasana kekeluargaan, demokratis, dan mengedepankan musyawarah mufakat. Satu per satu agenda Munas IV dibahas.

Dari mulai diterimanya laporan pertanggungjawaban hingga penetapan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Hanura.

Saat rapat pleno masuk pada agenda pemilihan Ketua Umum, tanpa komando, para peserta Munas kompak mendesak dan mengusulkan Oso kembali menjadi nahkoda mereka.

Selain tidak ada calon Ketua Umum lain yang mendaftar, para peserta percaya Oso dapat membesarkan partai.

"Oso lanjutkan, aklamasi," teriak ratusan peserta, Senin (19/8/2024).

Pimpinan sidang pun akhirnya mengetuk palu dan menerima desakan peserta Munas.

"Pasal 19, pemilihan Ketua Umum DPP dalam tata tertib yang sudah kita sahkan di ayat 4 dijelaskan apabila terdapat hanya satu calon ketua umum yang memenuhi syarat, maka pemilihan ketua ditetapkan secara aklamasi," kata Benny, yang dismapaikan melalui keterangan tertulis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putusan Berlaku Semenjak Dibacakan

Selanjutnya, pimpinan sidang melakukan pengesahan keputusan Munas IV Nomor 04/KEP.Munas IV-Hanura/VIII/2024 tentang ketua umum terpilih DPP Partai Hanura periode 2024-2029.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, Munas IV Partai Hanura memutuskan, menetapkan, Bapak Doktor Oesman Sapta terpilih aklamasi menjadi Ketua Umum DPP Partai Hanura periode 2024-2029," kata Benny menegaskan.

Keputusan tersbeut berlaku sejak tanggal ditetapkan, yakni 19 Agustus 2024 di Denpasar, Bali oleh pimpinan sidang.

Oso lantas diminta menyampaikan orasi politik, sekaligus menutup Munas IV. OSO memuji para peserta yang telah menjalankan demokrasi Pancasila.

"Saya pikir ini demokrasi yang luar biasa, bukan karena saya terpilih, tetapi karena saudara musyawarah seperti nilai demokrasi itu," kata Oso.

Oso pun berterimakasih kepada kader atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya memimpin Hanura selama lima tahun terakhir ini, dan lima tahun ke depan.

"Karena saudara memaksa saya untuk mengambil kembali, maka saudara harus patuh pada keputusan-keputusan partai. Ini semua demi kebaikan daerah saudara, bukan untuk saya," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Pesan untuk Kader Hanura

Dalam kesempatan itu, Oso juga berpesan kepada kader agar tidak asal bicara merespons berbagai hal ketika mewakili nama Partai Hanura .

"Kalau bicara mewakili Hanura, jangan asal bicara. Pikirkan yang baik, elegan, konstitusional, pikirkan AD/ART," ingat Ketua DPD RI periode 2017-2019 itu.

Mantan Wakil Ketua MPR RI ini menambahkan, meski menjabat sebagai ketua umum, dia tak pernah menganggap para kader anak buahnya. Ditegaskan, semua kader adalah sahabat dan saudara.

"Ingat, persahabatan di atas segala-galanya. Saya tidak anggap anda anak buah, tetapi anda semua sahabat, saudara saya setanah air sebangsa Indonesia raya," terang Oso.

Dalam waktu dekat, menurut dia, formatur kepengurusan dari pusat hingga ke ranting akan dibentuk. Oso pun mengingatkan para kadernya jangan bertindak seperti diktator. Para kader harus bersikap demokratis. "Tahun pertama, kepengurusan PAC. Tahun kedua, susun ranting. Kalau saya datang, harus sudah ada plang dan susunannya. Dari ranting, PAC, DPC, DPD, DPP, jangan sekali-sekali jadi diktator yang seolah-olah benar sendiri," pesan Oso.

Di ujung orasinya, Oso mengajak kadernya berdiri dan memekikkan yel-yel Partai Hanura, sekaligus menutup resmi Munas IV Partai Hanura yang bertema 'Hanura Baru, Daerah Maju, Indonesia Bersatu' itu.

"Bangkit, Jaya, Menang, Hanura," ucap Oso disambut pekikan ribuan kadernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.