Sukses

Tanoto Foundation Kembali Buka Pendaftaran Program Beasiswa Teladan Angkatan 2025

Program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) merupakan salah satu inisiatif Tanoto Foundation dalam mengembangkan pemimpin masa depan dan membangun generasi unggul yang tangguh serta siap berkontribusi positif untuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2023, tingkat pengangguran terbuka lulusan perguruan tinggi mencapai 9,97%, lebih tinggi dari pada lulusan SMA, SMP, dan SD. Hal ini menunjukkan adanya skills mismatch antara lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri. Skills mismatch tersebut meliputi soft skill, kemampuan kepemimpinan, kolaborasi, integritas, dan sebagainya.

Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, peduli akan hal ini. Berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Indonesia mengembangkan sumber daya manusia melalui berbagai program, Tanoto Foundation kembali membuka pendaftaran program beasiswa dan pengembangan kepemimpinan yang dikenal dengan nama program TELADAN.

Program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) merupakan salah satu inisiatif Tanoto Foundation dalam mengembangkan pemimpin masa depan dan membangun generasi unggul yang tangguh serta siap berkontribusi positif untuk Indonesia.

Berbeda dengan beasiswa pada umumnya, program TELADAN dilengkapi dengan pelatihan kepemimpinan terstruktur untuk melengkapi para Tanoto Scholars (sebutan untuk penerima beasiswa Tanoto Foundation) dengan soft skill, kemampuan kepemimpinan, dan berbagai kemampuan esensial lainnya untuk mendukung mereka menjadi pemimpin yang berdampak di masa depan.

TELADAN sendiri ditujukan untuk mahasiswa reguler program sarjana yang berada di semester pertama di 10 perguruan tinggi mitra program TELADAN yaitu IPB University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanudin, Universitas Indonesia, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, dan Universitas Sumatra Utara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran

Pendaftaran program TELADAN angkatan 2025 dibuka pada 17 Agustus 2024 dan berakhir pada 1 Oktober 2024. Tahapan seleksi program beasiswa TELADAN sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi administrasi, asesmen potensi kepemimpinan, dan wawancara.

Sejak tahun 2006 hingga tahun 2023, program beasiswa Tanoto Foundation di Indonesia telah memberikan manfaat kepada 8.338 mahasiswa dari perguruan tinggi mitra di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.