Sukses

Top 3 News: Jokowi Resmi Lantik 3 Menteri dan 1 Wakil Menteri Baru, Berikut Daftarnya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga orang menteri baru di kabinetnya. Jokowi juga melantik satu wakil menteri pada Senin 19 Agustus 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga orang menteri baru di kabinetnya. Jokowi juga melantik satu wakil menteri pada Senin 19 Agustus 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Mereka yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi.

Kemudian, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika. Usai disumpah, mereka pun menandatangani surat pelantikan.

Sementara itu, kabar duka datang dari dunia kedokteran Indonesia. Seorang mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anestesi Universitas Diponegoro (Undip) dr Aulia Risma Lestari diduga bunuh diri akibat perundungan atau bullying dari seniornya.

Kabar tersebut tersebar melalui akun X @bambangsuling11, yang menyebut bahwa Aulia Risma Lestari mengakhiri hidupnya dengan menyuntikkan obat ke tubuhnya.

Kasus ini juga telah mendapat perhatian dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Mohammad Syahril pun angkat bicara.

Menurut Syahril, pembinaan dan pengawasan PPDS ada pada Pendidikan Dokter Spesialis FK Undip bukan pada RS Kariadi, sebagai unit dari Kemenkes. Walau demikian Kemenkes sudah bergerak cepat dan tegas untuk menginvestigasi kejadian ini.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait seorang remaja tewas usai terlibat tawuran di Kampung Cipanggulan, Desa Candali, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Minggu 18 Agustus 2024.

Korban bernama Romli (18), warga Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia meregang nyawa setelah kena sabetan celurit di bagian punggung oleh pelaku dari kelompok lain.

Hal itu disampaikan Kapolsek Rancabungur Ipda Azis Hidayat. Azis mengatakan peristiwa tawuran antarkelompok remaja terjadi sekitar pukul 04.20 WIB. Masing-masing kelompok remaja tersebut sebelumnya telah janjian untuk tawuran.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 19 Agustus 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Resmi Lantik 3 Menteri dan 1 Wakil Menteri Baru, Berikut Daftarnya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga orang menteri baru di kabinetnya. Jokowi juga melantik satu wakil menteri.

Mereka yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi. Kemudian, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Sebelum saya mengambil sumpah, sebagai menteri negara dan wakil menteri negara, terlebih dahulu saya akan bertanya dulu kepada saudara-saudara, bersediakah saudara diambil sumpah?," tanya Jokowi kepada para menteri di Istana Negara Jakarta, Senin 19 Agustus 2024.

"Bersedia," jawab mereka.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Lima Fakta Terkait Kasus Mahasiswi PPDS Undip Diduga Bunuh Diri Akibat Bully

Kabar duka datang dari dunia kedokteran Indonesia. Seorang mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anestesi Universitas Diponegoro (Undip) dr Aulia Risma Lestari diduga bunuh diri akibat perundungan atau bullying dari seniornya.

Kabar tersebut tersebar melalui akun X @bambangsuling11, yang menyebut bahwa Aulia Risma Lestari mengakhiri hidupnya dengan menyuntikkan obat ke tubuhnya.

"Dokter muda RSUD Kardinah Tegal meninggal bundir dengan cara suntikkan obat ke tubuh. Diduga tak kuat menahan bully selama ikut PPDS Anestesi Undip Semarang. Mohon bantuan RT-nya karena ada indikasi kasus ini ditutupi dengan menyebut korban sakit saraf kejepit," tulisnya, seperti dikutip pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Kasus ini juga telah mendapat perhatian dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Dalam surat nomor TK.02.02/D/44137/2024, Kemenkes RI meminta penghentian sementara Program Anestesi Universitas Diponegoro di RSUP Dr Kariadi. Surat ditandatangani Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Azhar Jaya pada Rabu 14 Agustus 2024.

Terkait kasus ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Mohammad Syahril pun angkat bicara.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Satu Orang Tewas Disabet Celurit saat Tawuran Antar Kelompok Remaja di Bogor

Seorang remaja tewas usai terlibat tawuran di Kampung Cipanggulan, Desa Candali, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Minggu 18 Agustus 2024.

Korban bernama Romli (18), warga Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Dia meregang nyawa setelah kena sabetan celurit di bagian punggung oleh pelaku dari kelompok lain.

 "Korban meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Sentosa Kemang," kata Kapolsek Rancabungur Ipda Azis Hidayat kepada wartawan.

Azis mengatakan peristiwa tawuran antarkelompok remaja terjadi sekitar pukul 04.20 WIB. Masing-masing kelompok remaja tersebut sebelumnya telah janjian untuk tawuran.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.