Sukses

Fahri Hamzah Wanti-Wanti Ridwan Kamil Jangan Tergoda Maju Pilpres: Kami Ingin Dipimpin Prabowo 2 Periode

Fahri berharap Ridwan Kamil dan Siswono dapat menjaga kerjasama antara gubernur dan wakil gubernur. Jangan sampai saling sikut dan tidak kompak.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, memberikan pesan penting kepada Ridwan Kamil dalam acara deklarasi dukungan untuk Pilkada Jakarta 2024. Dalam kesempatan itu, Fahri meminta Ridwan Kamil, yang akrab disapa RK, untuk fokus menyelesaikan masa kepemimpinannya di Jakarta dan tidak tergoda untuk maju dalam Pilpres 2029.

"Kepada Pak Ridwan Kamil saya ingin mengatakan jujur di forum ini, karena bisa jadi ada godaan kuat untuk mengambil celah. Kami di koalisi terus terang ingin Pak Prabowo memimpin kita selama dua periode. Jadi jangan tergoda,” tutur Fahri di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Fahri juga menekankan bahwa menurut Undang-Undang dan sistem pemerintahan Indonesia, seorang gubernur adalah perpanjangan tangan dari presiden atau pemerintah pusat. Tugas gubernur adalah melaksanakan setiap program yang berasal dari pusat.

"Kalau gubernur seperti masa lalu punya agenda sendiri, banjir tak tertangani, polisi semakin parah, kebersihan kota semakin hancur, dan isu lokal yang jadi hak warga Jakarta terabaikan. Ini yang saya bilang sebagai rindu. Ini tolong dicamkan. Mudah-mudahan ini jadi niat kita supaya rekonsiliasi kita berlanjut,” jelas dia.

Selain itu, Fahri juga berharap agar Ridwan Kamil dan Siswono dapat menjaga kerjasama yang baik antara gubernur dan wakil gubernur. Jangan sampai terjadi perselisihan dan kurangnya kekompakan.

"Saya mengenal Pak Suswono orang yang baik, yang akan mau jadi pendamping. Mohon tidak ada konflik antara gubernur dan wakil gubernur DKI masa yang akan datang, harus ada kesetiaan untuk bersama-sama,” Fahri menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deklarasi KIM Plus

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Suswono sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024) siang ini.

Deklarasi dukungan ini, sekaligus menyapu bersih parpol pendukung di Pilkada DKI Jakarta. Total ada lebih dari 10 parpol pendukung Ridwan Kamil-Suswono. Parpol-parpol pendukung tersebut yaitu, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat,NasDem, PKB, PKS, Perindo, PSI, dan PPP, Gelora, Garuda dan Partai Prima.

Untuk PKS, PKB, dan NasDem yang sebelumnya mendukung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur Jakarta, kini telah bergabung ke Koalisi Indonesia Maju untuk mendukung Ridwan Kamil. Dengan dukungan dari sembilan partai, Ridwan Kamil mengantongi total 90 kursi di DPRD DKI Jakarta. Sementara itu, hanya PDIP yang tidak ikut dalam gerbong pendukung Ridwan Kamil-Suswono.

PDIP sendiri hanya memiliki 15 kursi, dan tidak dapat mengusung calon sendiri karena tidak memenuhi ambang batas.

 

3 dari 3 halaman

Kursi DPRD

Berikut adalah rincian kursi DPRD DKI Jakarta:

* PKS 18

* PDIP 15

* Gerindra 14

* NasDem 11

* Golkar 10

* PAN 10

* PKB 10

* Demokrat 8

* PSI 8

* Perindo 1

* PPP 1

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto