Sukses

Bamsoet: Penetapan Bahlil Jadi Ketum Golkar Malam Ini, Besok Tinggal Pelantikan

Bahlil Lahadalia menjadi calon tunggal Ketum Partai Golkar. Penetapan Bahlil menjadi Ketum Golkar pengganti Airlangga Hartarto pun akan langsung dilakukan malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pelaksana Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar, Bambang Soesatyo menyatakan, pengumuman dan penetapan Bahlil Lahadalia menjadi Ketua Umum (Ketum) Golkar bisa dipercepat menjadi Selasa (20/8/2024) malam ini.

“Pengumuman bakal calon ketua umum langsung ditetapkan penetapan calon ketua umum, kemudian penyampaian visi misi karena calonnya hanya satu maka mudah-mudahan malam ini langsung kita bungkus,” kata Bamsoet pada pembukaan Munas Golkar, JCC Senayan, Senin (20/8/2024).

Pembukaan Munas turut dihadiri Bahlil. Kehadiran Bahlil disambut tepuk tangan meriah para kader Golkar. 

Menurut Bamsoet, rencananya pada Rabu (21/8/2024), agendanya hanya tinggal melantik Bahlil menjadi Ketum definitif Partai Golkar. “Besok kita tinggal pelantikan kalau memungkinkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Ketum Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, partainya adalah partai senior yang sudah kerap menghadapi badai dan terbukti mampu menghadapinya.

"Sebagai partai yang sudah merasakan asam garam, mengalami badai, Partai Golkar terbukti mampu melaluinya dengan melakukan adaptasi di tengah arus perubahan tersebut," kata Agus pada pembukaan Rapimnas, JCC Senayan, Selasa (20/8/2024).

Meski ada badai ataupun pergantian kursi Ketua Umum, Agus memastikan Golkar solid dan tanpa gejolak.

"Melalui Rapimnas ini akan tetap solid dan kompak. Kita akan menjalankan organisasi dengan jelas dalam menjalani suksesi kepemimpinan yang akan kita lewati dengan elegan dan tanpa gejolak," kata dia.

Selain itu, Agus menyatakan partainya menghormati keputusan Airlangga Hartarto yang mengundurkan diri sebagai Ketum Golkar. Menurut Agus, sebagai partai yang sudah punya pengalaman, Golkar akan mampu melalui 'badai' dengan memilih ketua umum baru. 

"Karena itu Partai Golkar sangat strategis akan melakukan Munas. InsyaAllah dibuka hari ini dan besok. Sesuai dengan konstitusi kita AD/ART, sebelum penyelenggaraan Munas harus melalui rapat pemimpin nasional yang dihadiri oleh para dewan dan pengurus pleno Golkar," ujar Agus.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemilihan Ketum Golkar Selesai, Bahlil yang Terpilih

 

Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) juga menyatakan bahwa pemilihan Calon Ketua Umum Partai Golkar sudah selesai dan dipastikan Bahlil Lahadalia akan menjadi Ketua Umum definitif.

“Soal ketua umum sudah selesai, kita sudah tahu bahwa hanya satu nama yang lolos memenuhi syarat verifikasi sebagai caketum yaitu bapak Bahlil Lahadalia,” kata Agus usai membuka Rapimnas Golkar, JCC Senayan, Selasa (20/8/2024).

Menurut Agus, Munas hanya tinggal menetapkan Bahlil saja sebagai Ketua Umum. “Kita akan segera memutuskan dan menetapkan Pak Bahlil sebagai ketua umum kita ke depan. Pak Bahlil akan hadir di pembukaan munas insya Allah jam 16.00,” kata dia.

Rencananya, Bahlil akan menyampaikan visi-misinya besok. “Penyampaian visi-misi besok jam 10.00 Sekaligus partai Golkar menetapkan Ketua Umum Baru,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Undang Jokowi, Prabowo, hingga JK

Sebelumnya, Partai Golkar menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8).

Acara tersebut mengundang Presiden Jokowi, Presiden terpilih Prabowo Subianto hingga Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK).

“Tadi malam saya dapat laporan semuanya berjalan dengan baik, pelaksanaan rapimnas dan munas saya kira akan sesuai dengan apa yang kita harapkan,” kata Plt Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK),  di JCC, Jakarta, Selasa (20/8).

AGK mengatakan Jokowi dan Prabowo dijadwalkan bakal hadir saat penutupan acara besok. Dia menyebut Menko Perekonomian sekaligus eks Ketum Golkar Airlangga Hartarto pun diundang untuk hadir dalam munas.

“Insyaallah mereka berdua akan datang dalam penutupan munas. Pak Airlangga diundang. Pak Jusuf Kalla akan kami undang dalam acara penutupan,” tuturnya.

Selain itu, jajaran ketua dewan juga akan hadir dalam Rapimnas dan Munas itu. 

“Ketua dewan kami undang. Jadu Pak Akbar, Pak Agung, Pak Ical, semua kita undang, semua ketua-ketua dewan kita undang,” imbuh AGK.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini