Sukses

Satgas Saber Pungli dan Ombudsman Apresiasi Layanan Keimgrasian Minim Laporan Pungli

Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi menggelar Penguatan Internalisasi Pelayanan Publik, Selasa (20/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi menggelar Penguatan Internalisasi Pelayanan Publik, Selasa (20/8/2024).

Kegiatan yang berlangsung di ruang serbaguna kantor Imigrasi Kelas 1 non TPI Bekasi ini menghadirkan Sekretaris Satgas Saber Pungli RI Irjen Pol Andry Wibowo sebagai narasumber. Staf Ahli Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam RI ini menyebut layanan keimigrasin termasuk yang paling rendah pungli berdasrakan laporan masyarakat.

"Dari aduan yang ada berbasis statistik yang ada sementara waktu imigrasi termasuk salah satu kantor yang laporan aduanya rendah, sangat rendah. Kita kan ada dua basis ya, basis online report dan kemudian basis pelayanan publik yang langsung datang ke posko-posko pengaduan nah dari dua statistik ini ya imigrasi termasuk salah satu kantor yang memliki catatan pelaporan pengaduan yang relatif sangat kecil, kalo kita lihat dari sejumlah varian layanan imigrasi di seluruh Indonesia," jelas Andry Wibowo.

Menurut Andry kepuasan pada pelayanan publik yang baik merupakan bentuk konsitensi perbaikan sistem yang terus dilakukan di berbagai sektor pelayanan publik termasuk pada layanan keimigrasian.

"Tadi secara random dan spontan kita lakukan interview terhadap customer imigrasi dan dari rundom tersebut mereka umumnya menyatakan puas terhadap pelayanan. Atinya perbaikan yang dilakukan secara kontinue, tersistem, tersetruktur, terevaluasi secara baik menghasilkan kemudian pelayanan publik dalam sektor imigrasi yang juga lebih baik dari masa lalu dan ini secara spontan disampaikan oleh masyarakat," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsisten

Andry berharap pelayanan publik yang sudah baik dapat dijaga keberlanjutan dan konsistensinya.

"Yang perlu adalah sekarang sustainability atau keberlanjutan, konsistensi dari seluruh petugas imigrasi yang ada petugas imigrasi Bekasi kota ini untuk melaksanakan seluruh peranya yang baik dan berusaha maksimal untuk tidak membebankan rakyat pada biaya-biaya yang tidak diatur oleh undang-undang," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Apresiasi

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama kepala Ombudsman RI perwakilan Jakarta Raya Dedy Irsan yang juga menjadi salah satu narasumber pada kegiatan tersebut juga mengapresiasi pelayanan publik yang dilakukan oleh kantor imigrasi kelas 1 non TPI Bekasi.

"Mengapresiasi pelayanan publik dan inovasi-inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh kantor imigrasi kelas 1 non TPI Bekasi, kami mendukung kantor imigrasi kelas 1 non TPI Bekasi untuk memperoleh predikat zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani," ungkap Dedy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini