Sukses

Sukses Meriahkan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, Wishnutama Ucap Syukur

Salah satu yang menjadi tokoh kunci dibalik keberhasilan serta megahnya Upacara 17 Agustus di IKN Kaltim adalah Mantan Menparekraf Wishnutama Kusubandio.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim) berjalan dengan lancar. Dan salah satu yang menjadi tokoh kunci dibalik keberhasilan serta megahnya acara tersebut adalah Wishnutama Kusubandio.

Sejak awal, Wishnutama memang diprakirakan akan menjadi tokoh di balik persiapan rangkaian acara ini. Hal tersebut terlihat dari sejumlah kunjungannya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke IKN dalam beberapa bulan terakhir.

Komitmen dan ketelitian dalam menyiapkan acara terlihat saat mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini turun langsung ke lapangan untuk meninjau persiapan, termasuk Kirab Bendera Pusaka yang diunggahnya di laman Instagram pribadinya.

Usai mengurus Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, Wishnutama pun mengucap syukur karena upacara serta rangkaian mampu berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah tugas selesai

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA TERCINTA 🇮🇩🇮🇩🇮🇩,"tulis Wishnutama di akun Instagram pribadinya, dikutip Minggu 18 Agustus 2024.

Mantan Menparekraf ini sebelumnya juga terlibat mengurus beberapa acara kenegaraan seperti, opening dan closing Ceremony Asian Games Tahun 2018, Indonesia National Day di ajang World Expo tahun 2020 yang diselenggarakan di Dubai Uni Emirat Arab, kemudian Gala Dinner G20 di Bali tahun 2022, KTT asean ke-43 2023 di Bali, dan World Water Forum ke-10 di Bali tahun 2024.

Dengan segala persiapan yang matang dan sentuhan artistik yang kuat, tak heran jika upacara 17 Agustus di IKN ini menuai pujian dari berbagai pihak.

Wishnutama sekali lagi membuktikan kemampuannya dalam menyelenggarakan acara berskala besar yang berkesan dan penuh arti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaksanaan Upacara 17 Agustus

Saat pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024, Presiden Jokowi ketika bertindak sebagai Inspektur Upacara menyebut bahwa upacara di IKN terlah berjalan dengan sangat baik.

"Terima kasih, upacara berjalan dengan baik. Bubarkan," kata Presiden Jokowi di IKN, Kalimantan Timur hari Sabtu 17 Agustus 2024.

Upacara di IKN terasa meriah dan megah dengan adanya sejumlah atraksi maupun penampilan misalnya saat Demo udara pesawat tempur F-16 TNI AU. Demonstrasi udara ini ditampilkan oleh tim penerbang Garuda dengan menggunakan pesawat tempur F16 Fighting Falcon.

Ada 3 manuver yang ditampilkan yaitu, manuver High-G Turn, High Speed Spiral Climb, serta Bomb Burst. Acara semakin meriah ketika Lagu Puspa Warni dan Tari Natana Borneo dibawakan, penampilan mereka membuat suasana di Istana Negara IKN semakin semarak.

Sejumlah tamu undangan terlihat ikut menyanyikan lagu tersebut. Perpaduan lagu dan tarian tersebut berhasil menciptakan suasana yang penuh semangat dan kebanggaan akan keanekaragaman budaya Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.