Sukses

Atasi Permukiman Kumuh di Jakarta, Ridwan Kamil Siapkan Program 1 Arsitek 1 Kecamatan

Menurut Ridwan Kamil, dengan program satu arsitek setiap satu kecamatan akan membuat proses pembangunan di setiap wilayah akan tertata.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) telah menyiapkan salah satu program sebagai solusi mengatasi perkampungan kumuh yang masih tersebar di sejumlah kawasan Jakarta.

“Maka saya ada gagasan lah, satu dari sekian. Saya punya gagasan satu kecamatan satu arsitek,” kata RK saat acara diskusi di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2024).

Menurutnya, dengan program satu arsitek setiap satu kecamatan akan membuat proses pembangunan di setiap wilayah akan tertata. Bahkan, program ini diyakini RK akan mengatasi kekumuhan di Jakarta.

Sebab nantinya, lanjut RK, para arsitek yang berada di setiap kecamatan akan bekerja untuk mengatasi mulai dari tata ruang, sungai kotor, sampai fasilitas umum yang diperuntukan tidak sesuai fungsinya, semisal trotoar dipakai berjualan.

“Nanti ada lembaga profesional. Dalam dunia kami itu ada arsitek komunitas, jadi dia gak hanya meroyek yang sifatnya gede-gede. Tapi yang membereskan kampung kumuh-kumuh dan membersihkan sungai kotor dengan ide-idenya. Nanti anggaranya dari kita,” ujarnya.

Maka dari itu, RK mengklaim dengan visi-misi untuk menjalankan konsep desentralisasi. Akan bisa menghadirkan sebuah solusi yang lebih beragam guna mengatasi permasalahan yang ada di Jakarta.

“Inovasi, nah satu kecamatan satu arsitek adalah satu gagasan yang nanti dihadirkan membereskan masalah-masalah,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Minta Dipanggil 'Bang Emil'

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, meminta agar dirinya dipanggil dengan sebutan "Bang" daripada "Kang" saat menghadiri acara diskusi bersama anak muda di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, pada Selasa (20/8/2024) malam.

Permintaan tersebut muncul ketika moderator acara menanyakan sapaan yang diinginkan RK setelah secara resmi mengumumkan maju dalam pemilihan gubernur Jakarta. RK pun merespons dengan meminta untuk dipanggil "Bang Emil."

“Sama istri dipanggil AA, di kampung dipanggil kang. Di sini (Jakarta) dipanggil bang, sesuai tempat aja,” kata Ridwan Kamil.

Setelah menyinggung soal sapaan, RK juga sempat ditanya moderator terkait posisinya nanti apabila terpilih sebagai Gubernur Jakarta. Bagaimana nanti posisinya akan mendukung Persija Jakarta atau tetap Persib Bandung.

Diketahui, kedua tim sepak bola tersebut merupakan rival abadi di kancah persepakbolaan Indonesia yang mempunyai sejarah panjang dalam dunia kompetisi sepak bola.

Namun, Ridwan Kamil tak menjawab secara gamblang terkait hal tersebut. Dia hanya memberi kode jika jam yang dipakai saat ini berwarna orange melambangkan ciri identik tim Persija Jakarta.

“Ini jam tangannya warna oranye,” ucapnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini