Sukses

Mayjen TNI Mohamad Hasan Resmi Jabat Pangkostrad

Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi menjabat sebagai Panglima Kostrad, menggantikan Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Acara serah terima jabatan berlangsung di Mabesad dan diwarnai tradisi militer.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memimpin serah terima jabatan Panglima Kostrad (Pangkostrad) dari Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa kepada Mayjen TNI Mohamad Hasan. Acara ini menjadi tonggak sejarah baru bagi pasukan elite TNI AD, Kostrad.

Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi ditunjuk sebagai Pangkostrad berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tertanggal 24 Juli 2024.

Setibanya di Markas Kostrad, Pangkostrad baru Mayjen TNI Mohamad Hasan didampingi istri Ibu Ririx Hasan, disambut dengan tradisi militer. Ia menerima laporan dari Dandenma Kostrad, dihiasi pengalungan bunga dari Kaskostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah dan Ibu Vera Ilyas Alamsyah yang memberikan bunga tangan (Hand Bouquet) untuk Ibu Ririx Hasan.

Puncaknya, Mayjen TNI Mohamad Hasan menerima hormat jajar dari regu jaga Makostrad, melaksanakan tradisi penciuman Pataka, serta menandatangani memorandum oleh Pangkostrad. Acara dilanjutkan dengan serah terima pasukan dan Alutsista, menandai dimulainya era kepemimpinan baru di Kostrad.

Usai sertijab, Mayjen TNI Mohamad Hasan mengungkapkan rasa syukurnya atas amanah yang diberikan untuk memimpin Kostrad.

"Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa beserta Ibu Eka Saleh Mustafa atas kepemimpinan, pembinaan, dan pengembangan Kostrad dan Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad," ujar Hasan.

Hasan juga menyampaikan harapannya untuk mendapat dukungan dari semua unsur Kostrad dalam menjalankan tugasnya.

"Melalui kesempatan ini, saya mengharapkan dukungan dari semua unsur Kostrad untuk melaksanakan amanah ini," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mayjen TNI Mohamad Hasan, Prajurit Infanteri Lulusan Kopassus

Mayjen TNI Mohamad Hasan merupakan prajurit infanteri lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993. Karier militernya dimulai di Kopassus (Komando Pasukan Khusus) TNI Angkatan Darat (TNI AD). Ia menjabat sebagai Komandan Unit Grup 1/Para Komando Kopassus di Serang dan Komandan Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/Satria Musara (2009-2011).

Kemampuan dan pengalamannya semakin terasah saat bertugas sebagai Komandan Kodim 0104/Aceh Timur hingga tahun 2013. Kembali ke Korps Baret Merah, Hasan dipercaya menjabat Wakil Asisten Personel Komandan Jenderal Kopassus.

Pada tahun 2014, ia bertugas di luar Kopassus sebagai Asrena Paspampres dan dipromosikan menjadi Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada tahun 2016. Kariernya terus menanjak hingga menjadi Komandan Korem 061/Surya Kencana dan Wadanjen Kopassus pada tahun 2019.

Tahun 2020, Hasan dipromosikan menjadi Danjen Kopassus dan menduduki kursi Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda/Aceh (Pangdam IM) pada tahun 2021. Pada tahun 2023-2024, ia menjabat sebagai Pangdam Jayakarta merangkap Dankogartap I/Jakarta.

Kini, Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi menjadi Panglima Kostrad, menggantikan Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang kini menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI.

 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini