Sukses

Wiranto Apresiasi Cara Wali Kota Helldy Jalankan Program Makan Bergizi Gratis yang Gandeng Dunia Industri

Ketua Dewan Wantimpres Wiranto mengapresiasi skema pelaksanaan makan bergizi gratis di Kota Cilegon.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto mengapresiasi skema pelaksanaan makan bergizi gratis di Kota Cilegon yang melibatkan CSR industri di Kota Cilegon.

Menurut Wiranto, terobosan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang dapat menjadi alternatif skema pendanaan untuk merealisasikan program milik Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Pelaksanaan MBG di Cilegon ini sudah bagus. Karena program ini kan mencerdaskan kehidupan bangsa. Artinya menjadi kewajiban semua pihak," kata Wiranto saat menghadiri langsung pelaksanaan Pilot Project Program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN Kedaleman IV Cilegon, pada Rabu, (21/8/2024).

Wiranto menilai Helldy Agustian dan percontohan makan bergizi gratis di Kota Cilegon aneh. Sebab, bisa menggerakkan industri untuk membantu makan bergizi gratis.

"Ini pakai dana apa, dana nasional bertumpu di APBN terbatas, mencoba mengais-ngais. Di Cilegon ini aneh, CSR-nya bersatu padu dan semoga bukan hanya bantuannya 3 hari. Semoga ini model keterlibatan perusahaan swasta sampai 3 tahun," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Wiranto juga menekankan pentingnya program Makan Bergizi Gratis sebagai strategi untuk menghadapi Indonesia Emas 2045.

"Makan Bergizi Gratis adalah langkah strategis untuk memastikan generasi mendatang memiliki kesehatan optimal dan daya saing global, sehingga hal ini diharapkan mampu menjawab tantangan menuju Indonesia Emas 2045," ujar Wiranto. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cilegon Jadi Pilot Project Makan Bergizi Gratis

Wiranto berharap Cilegon dapat menjadi contoh bagi daerah lain, terutama yang memiliki sektor industri, untuk berpartisipasi dalam program ini. "Kami berharap program ini memberi dampak positif dan menjadi model bagi inisiatif serupa di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengungkapkan rasa terima kasih dan kebanggaan atas kunjungan pejabat pusat.

"Kami merasa terhormat menerima kunjungan di tengah kesibukan Bapak-Ibu sekalian. Semoga kunjungan ini membawa berkah dan manfaat bagi seluruh masyarakat Kota Cilegon," ujarnya.

Helldy menjelaskan bahwa Program MBG bertujuan menyediakan makanan sehat bagi anak-anak sekolah di seluruh Indonesia. Program ini merupakan bagian dari janji kampanye Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih 2024-2029, Bapak Prabowo dan Bapak Gibran.

"Cilegon berperan sebagai pilot project dengan 10.314 siswa dari 23 sekolah yang mendapatkan manfaat, termasuk 13 SD Negeri, 1 SD Swasta, 4 SMP Negeri, dan 5 Madrasah Tsanawiyah," tutur Helldy.

3 dari 3 halaman

Helly Apresiasi Dukungan CSR Dunia Industri

Helldy juga mengapresiasi dukungan dari berbagai perusahaan melalui dana CSR, seperti PT. Krakatau Sarana Infrastruktur, PT. Krakatau Steel, PT. Krakatau Posco, PT. Chandra Asri, PT. Asahimas Chemical, PT. Sankyu, Lotte Chemical, BJB dan juga Dinas terkait yang berkontribusi dalam pelaksanaan program ini. 

"Program ini dimulai pada 19 Agustus 2024 dan akan berlangsung hingga 23 Agustus 2024," tambahnya.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional RI Hutabarat, Ketua Tim 5 Pelaksana MBG Taviota Bay, perwakilan dari Kota Tangerang, Surakarta, Salatiga, Tegas dan Kabupaten Kudus, Forkopimda Kota Cilegon, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, Ketua Umum Gabungan Koperasi Susu Indonesia Dedi Setiadi, pimpinan perusahaan industri di Kota Cilegon, serta pejabat lingkup Pemerintahan Kota Cilegon.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini