Sukses

Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketum Partai Golkar, Disebut Bentuk Regenerasi Anak Muda

Bahlil Lahadalia resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar periode 2024-2029. Keputusan tersebut diketok usai penyampaian visi misi Bahlil Lahadalia selaku calon tunggal Ketum Golkar.

Liputan6.com, Jakarta Bahlil Lahadalia resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar periode 2024-2029. Keputusan tersebut diketok usai penyampaian visi misi Bahlil Lahadalia selaku calon tunggal Ketum Golkar.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan, terpilihnya Bahlil membawa angin segar bagi regenerasi kepemimpinan muda di tubuh partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Saya mengucapkan selamat bagi Pak Bahlil yang menjadi Ketua Umum Partai Golkar di usia yang relatif sangat-sangat muda," ujar Qodari, Rabu (21/8/2024).

"Tentu dengan terpilihnya Bahlil sebagai Ketua Umum Partai Golkar, maka proses regenerasi politik di Partai Golkar akan terus bergerak,” tambahnya.

Qodari menuturkan, ke depan kepengurusan Partai Golkar diharapkan lebih banyak diisi oleh kalangan anak-anak muda yang dianggap mampu dan relevan menjawab tantangan zaman untuk membawa Golkar semakin maju.

“Harapannya pengurus Partai Golkar akan semakin banyak diwarnai oleh orang-orang muda yang membawa semangat muda, semangat baru yang akan membuat Partai Golkar semakin maju dan relevan di masa yang akan datang,” ucapnya.

Lanjut Qodari, Bahlil yang merupakan putra terbaik asal Papua dapat memberikan inspirasi serta penguatan perspektif terhadap gagasan Indonesia Sentris yang diusung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bahwa yang punya kesempatan untuk menjadi pemimpin di republik ini bukan hanya milik mereka yang berasal dari pulau Jawa, dari Indonesia Barat, tetapi juga dari Indonesia Timur. Suatu peristiwa yang sangat inspiratif secara kebangsaan,” ucapnya.

Lebih lanjut Qodari menyampaikan, Bahlil juga dapat dijadikan inspirasi sekaligus membuka peluang bagi lahirnya pemimpin dari kalangan bawah di masa yang akan datang untuk bisa mengalami mobilitas vertikal dengan jerih payahnya sendiri.

“Karena Pak Bahlil adalah tokoh yang berangkat dari lapisan yang bawah, daya juang, semangat, kecerdasan dan keberanian, menjadi anak tangga bagi kesuksesan anak-anak dari kalangan yang kurang beruntung. Pak Bahlil telah memberikan inspirasi itu,” ungkapnya.

Qodari juga berharap Golkar banyak diisi oleh anak-anak muda yang memiliki karakter seperti Bahlil.

“Harapannya anak-anak muda seperti Pak Bahlil ini di Golkar semakin banyak, jadi Golkar bukan hanya milik bangsawan tetapi juga milik rakyat jelata,” harapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sah, Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketum Partai Golkar

 Bahlil Lahadalia resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar periode 2024-2029. Keputusan tersebut diketok usai penyampaian visi misi Bahlil Lahadalia selaku calon tunggal Ketum Golkar.

“Saya menanyakan apakah seluruh hadirin yang hadir setuju untuk kita tetapkan Bapak Bahlil Lahadalia menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2024-2029?,” tanya Ketua Sidang Munas Golkar Adies Kadir dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (21/8/2024).

“Setuju?,” sambungnya.

“Setuju!,” jawab seluruh kader Partai Golkar.

Adies pun mengetuk palu sebanyak tiga kali sebagai simbol pengesahan Bahlil Lahadalia sebagai Ketum Partai Golkar periode 2024-2029.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Dipercepat

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar, Bambang Soesatyo menyatakan, pengumuman dan penetapan Bahlil Lahadalia menjadi Ketua Umum (Ketum) Golkar bisa dipercepat.

"Pengumuman bakal calon ketua umum langsung ditetapkan penetapan calon ketua umum, kemudian penyampaian visi misi karena calonnya hanya satu maka mudah-mudahan malam ini langsung kita bungkus," kata Bamsoet pada pembukaan Munas Golkar, JCC Senayan, Senin (20/8/2024).

Pembukaan Munas turut dihadiri Bahlil. Kehadiran Bahlil disambut tepuk tangan meriah para kader Golkar.

Menurut Bamsoet, rencananya pada Rabu 21 Agustus 2024, agendanya hanya tinggal melantik Bahlil menjadi Ketum definitif Partai Golkar. "Besok kita tinggal pelantikan kalau memungkinkan," katanya memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.