Sukses

Youth For Sustainable Nature, Tema Peringatan Hari Konservasi di Kota Bontang yang Libatkan Kaum Muda

Dia berharap kegiatan tersebut tidak hanya menginspirasi para peserta untuk mencintai alam, tetapi juga menjadi langkah awal untuk menciptakan kesadaran lingkungan yang lebih luas di Bontang.

Liputan6.com, Bontang Dalam rangka menyambut Hari Konservasi Alam Nusantara (KAN) tahun ini, Pemerintah Kota Bontang memanfaatkan Bontang Mangrove Park menjadi lokasi serangkaian kegiatan yang bertema "Youth For Sustainable Nature". Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Sekretariat Kota Bontang Lukman resmi membuka jalannya peringatan HKAN yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Selasa (20/8) pagi. 

Bontang Mangrove Park adalah kawasan mangrove yang berada di Taman Nasional Kutai. Tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata yang populer di Kota Bontang. Tak heran jika peringatan tahun ini juga mengundang pelaku usaha jasa wisata Bontang, Kader Konservasi Taman Nasional Kutai, Ketua Saka Wanabakti Bontang Serta Green Youth Movement Simpul Belajar Balai Taman Nasional Kutai.

Jalannya kegiatan pada pagi ini merupakan rangkaian dari HKN Tahun 2024 dan puncak perayaannya akan dilaksanakan di Boyolali pada 29 Agustus 2024. Sesuai dengan tema HKAN yang menekankan peran penting generasi muda dalam konservasi alam. 

Dalam sambutannya Lukman menyebutkan generasi muda indonesia yang jumlahnya mencapai 154 juta jiwa atau sekitar 55% dari total penduduk adalah aset besar bangsa ini. Mereka adalah aktor utama yang akan menentukan keberlanjutan upaya konservasi alam di Indonesia.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi generasi muda untuk beraktualisasi dan berkontribusi secara maksimal," ujar Lukman.

Dia berharap kegiatan tersebut tidak hanya menginspirasi para peserta untuk mencintai alam, tetapi juga menjadi langkah awal untuk menciptakan kesadaran lingkungan yang lebih luas di Bontang. 

"Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam melestarikan alam. terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam menyelenggarakan acara ini, terutama kepada masyarakat binaan taman nasional kutai yang turut ambil bagian dalam aksi bersih sampah pada hari ini," ujar Lukman.

"Semoga semangat konservasi ini terus menyala di hati kita semua, dan bersama-sama kita wujudkan bontang sebagai kota yang hijau, asri, dan lestari," katanya lalu melanjutkan kegiatan dengan prosesi penanaman pohon bersama.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.