Sukses

Bahlil Sebut Tak Akan Banyak Mengubah soal Rekomendasi Nama di Pilkada 2024

Usai terpilih sebagai ketua umum Golkar 2024-2029, Bahlil Lahadalia memastikan bakal mengeluarkan sejumlah nama yang akan direkomendasikan sebagai calon kepala daerah (cakada) di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta Usai terpilih sebagai ketua umum Golkar 2024-2029, Bahlil Lahadalia memastikan bakal mengeluarkan sejumlah nama yang akan direkomendasikan sebagai calon kepala daerah (cakada) di Pilkada 2024.

Dia menegaskan, tidak akan banyak mengubah nama-nama yang sudah disampaikan oleh ketua umum Golkar sebelumnya, Airlangga Hartarto.

"Menyangkut dengan keputusan DPP Partai Golkar untuk calon Pilkada, kami di Golkar itu mengenal asas keberlanjutan. Yang sudah bagus saya pikir kita lanjutkan, yang sudah bagus tidak perlu kita utak-atik. Golkar ini partai yang matang, Golkar ini partai yang sarat pengalaman, Golkar ini partai yang dihuni kader-kader yang punya kapasitas, integritas dan kemampuan," kata Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi Jakarta Barat, Kamis (22/8/2024).

Karenanya untuk mengisi daerah-daerah yang belum mempunyai calon kepala daerah, Bahlil akan membentuk tim Pokja Pilkada untuk mempercepat pemberian rekomendasi partai. Sebab diamini Bahlil, waktu pendaftaran tinggal sepekan lagi.

"Karena itu kami berpandangan, saya akan membentuk tim Pokja Pilkada dalam rangka melakukan percepatan-percepatan penyempurnaan-penyempurnaan ataupun tindak lanjut dari apa yang telah diputuskan oleh masa kepengurusan Pak Airlangga," jelas Bahlil.

Menteri ESDM ini meyakini, Pokja Pilkada Golkar tidak akan banyak mengubah keputusan dari ketua umum sebelumnya. Hanya saja, dimungkinkan ada nama-nama yang akan disesuaikan dengan mempertimbangkan kebutuhan partai.

"Jadi tidak ada banyak berubah saya yakin, andaikan pun ada itu butuh penyesuaian-penyesuaian dikit aja. Sudah barang tentu dengan mempertimbangkan berbagai macam argumentasi masukan dan pertimbangan," tutur Bahlil.

Bahlil optimis, dengan disempurnakannya rekomendasi nama calon kepala daerah yang didukung, maka Golkar akan memenangkan kontestasi Pilkada 2024 di semua tingkatan.

“Ujungnya itu adalah bagaimana kami Insyaallah bisa memenangkan Pemilukada baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota," Bahlil menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Umumkan Kepengurusan Baru, Bahlil Tunjuk Sarmuji Sebagai Sekjen Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia mengumumkan struktur pengurus organisasi Partai Golkar terbaru periode 2024-2029. Menurut dia, formatur ini ditetapkan sejak resmi dikukuhkan sebagai ketua umum pada Rabu 21 Agustus 2024.

“Hari ini saya akan mengumumkan beberapa pengurus terbatas aja dulu, sebagai syarat untuk sementara yang kami harus lakukan dalam rangka memenuhi ketentuan perundang-undangan,” kata Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi Jakarta Barat, Kamis (22/8/2024).

Pertama, kata Bahlil, sekretaris jenderal yaitu M Sarmuji, kemudian bendahara umum Sari Yulianti. Diketahui, Sari adalah ketua OC rapimnas dan munas ke-XI Partai Golkar yang berlangsung kemarin di JCC.

“Kemarin di sambutan saya ada terselip namanya, saya bilang bahwa ini berarti harus jadi pengurus,” kata Bahlil.

Bahlil melanjutkan, jajaran wakil ketua umum yang ditunjuk hari ini barulah sebagian. Mereka adalah Adies Kadir yang sebelumnya juga menjabat di posisi yang sama.

Kemudian, Ace Hasan Syadzili yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPP kini diamanahkan sebagai wakil ketua umum.

“Berikutnya adalah Melkiades Lakalena dan Wihaji sebagai wakil ketua umum,” ungkap Bahlil.

3 dari 3 halaman

Wasekjen

Berikutnya, Bahlil juga menunjuk seorang perempuan sebagai wakil sekjen yaitu Puteri Komarudin. Putri adalah anak dari politisi senior Golkar Ade Komarudin (Akom).

Terakhir, Bahlil mempercayakan posisi Wakil Bendahara Partai kepada seorang srikandi Golkar bernama Dyah Roro Esti.

“Jadi itu aja dulu yang perlu saya umumkan selebihnya akan diselesaikan dalam kurun waktu yang sesingkat-singkatnya,” Bahlil menambahkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.