Sukses

Heru Budi Kembali Gelar Uji Coba Makan Bergizi Gratis untuk Siswa SD, Simak Menunya

Heru menjelaskan, untuk menu hari ini berkisar Rp20.000 per porsi sudah termasuk pengemasan.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono kembali melakukan uji coba makan bergizi gratis dan kali ini di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Rawabadak Utara, Jakarta Utara.

Pada uji coba ini, menu uji coba makan bergizi gratis lebih bervariasi. Mulai dari nasi putih, telur dadar, sayur capcay, orek tempe, ayam teriyaki dan pisang.

“Kelihatannya anak-anak lebih suka yang ada telurnya dibanding dengan yang kemarin. Tadi kita tanya lagi, minggu depan mau makan apa? Katanya nasi, telor dan ayam. Ya sudah nanti kita bikinkan,” kata Heru di Jakarta, Jumat (23/8/2024) seperti dilansir Antara.

Heru menjelaskan, untuk menu hari ini berkisar Rp20.000 per porsi sudah termasuk pengemasan. Ke depannya, Heru akan terus memantau uji coba makan bergizi gratis dan menu pun akan terus divariasikan.

Pemberian makan bergizi gratis dimulai pukul 09.30 WIB. Heru mengatakan, waktu pemberian kali ini tepat sebab beberapa murid mengaku belum sarapan. Sekitar 90 persen siswa juga makan dengan lahap hingga habis, sementara yang lainnya mengaku masih kenyang.

Kali ini, anggaran uji coba makan bergizi gratis diberikan oleh Dharma Jaya sebanyak 600 porsi. Heru mengatakan, program ini juga bekerjasama dengan Yayasan Kumala untuk mendaur ulang kembali kemasan makanan plastik yang digunakan.

“Nanti sekolah gratisnya dapat, gizi dapat, anak-anak bisa sekolah dengan baik. Sampah tidak tersebar kemana-mana. Plastiknya juga 'foodgrade',” kata Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dana Operasional Gubernur

Sebelumnya, pemberian uji coba makan bergizi gratis menggunakan dana operasional gubernur. Heru menjelaskan, ke depannya BUMD akan terus bergantian memberikan menu uji coba makan bergizi gratis, hingga nanti berputar kembali ke giliran Heru yang mengucurkan anggaran.

Heru mengatakan, ke depannya belum direncanakan apakah anggaran uji coba makan bergizi gratis akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Tunggu juklak (petunjuk pelaksanaan) nanti dari pemerintah pusat. Kalau Pemda se-Indonesia ada Permendagri-nya dan kita (DKI Jakarta) ikut saya. Kalau memang harus dimasukkan ke dalam bantuan APBD, kami siap,” jelas Heru.

3 dari 3 halaman

Bergantian

​​​​​​​Hingga hal itu diputuskan, Heru menjelaskan pihaknya dan BUMD akan terus bergantian menyediakan menu untuk uji coba makan bergizi gratis.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menguji coba makan bergizi gratis (MBG) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cideng 07, Gambir, Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini