Sukses

Ini Penjelasan Anies Baswedan soal Peluang Jadi Kader PDIP

Anies Baswedan menanggapi soal peluang dirinya menjadi kader PDI Perjuangan (PDIP), menyusul kabar akan diusung partai berlambang banteng hitam moncong putih itu pada Pilkada Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan menanggapi soal peluang dirinya menjadi kader PDI Perjuangan (PDIP), menyusul kabar akan diusung partai berlambang banteng hitam moncong putih itu pada Pilkada Jakarta 2024.

Anies mengaku masih menunggu keputusan lebih lanjut.

"Sekarang ini kita tunggu dulu sampai semua keputusan dibuat. Dari situ kita tentukan langkah ke depannya apa," kata dia saat mendatangi Kantor DPD PDIP Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024).

Dia mengakui pertemuannya dengan pengurus DPD PDIP Jakarta salah satunya untuk membahas Pilkada Jakarta 2024, di mana Anis memiliki kans untuk diusung.

Namun, Anies menyebut belum ada keputusan terkait Pilkada Jakarta.

"Hal-hal yang menyangkut Pilkada tentu kita obrolkan, tapi kita semua menunggu apa yang menjadi keputusan. Jadi tadi sama sekali tidak menyinggung soal keputusan, langkah dan lain-lain. Karena semuanya di luar kewenangan kita," jelasnya.

Selain itu, Anies dan pengurus DPD PDIP Jakarta membahas masa depan Jakarta dan pemikiran kebangsaan, Bung Karno, hingga masyarakat kecil. Anies dan PDIP memiliki kesamaan tujuan untuk mewujudkan Jakarta yang aman dan damai.

"Kita diskusi, kita ngobrol tentang masa depan Jakarta, dan kita berbicara bagaimana agar pemikiran-pemikiran kebangsaan, pemikiran tentang Bung Karno, ke-Indonesiaan, keagamaan itu bisa berjalan seiring dan membuat suasana di Jakarta yang aman, teduh, damai," tutur Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Rencana Bertemu Megawati Bahas Pilkada, Anies: Nanti Dikabari

Anies Baswedan mengaku belum ada rencana bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri untuk membahas Pilkada Jakarta 2024. Namun, dia tak menutup kemungkinan akan sowan ke Megawati dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan Anies usai mengunjungi DPD PDIP DKI, Cakung, Jakarta Timur untuk membahas Pilkada Jakarta, Sabtu (24/8/2024). Anies mengatakan pertemuan dengan Megawati bisa saja dilakukan secara mendadak.

"Kita mengalir saja. Nanti pada waktunya seperti pertemuan hari ini kan tidak direncanakan, spontan, rileks, santai. Nanti kita kabari kalau ada pertemuan-pertemuan," jelas Anies kepada wartawan, Sabtu.

Anies mengakui pertemuannya dengan jajaran pengurus DPD PDIP DKI untuk membahas soal Pilkada Jakarta 2024. Namun, dia menyebut belum ada keputusan apapun dalam pertemuan tersebut.

"Hal-hal yang menyangkut pilkada tentu kita obrolkan, tapi kita semua menunggu apa yang menjadi keputusan. Jadi tadi sama sekali tidak menyinggung soal keputusan, langkah dan lain-lain," kata dia.

3 dari 3 halaman

Datangi Kantor DPD PDIP Jakarta

Sebelumnya, Anies Baswedan mendatangi Kantor DPD PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024). Kedatangan Anies disambut oleh para anggota DPD PDIP Jakarta.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Anies tiba di Kantor DPD PDIP Jakarta sekitar pukul 12.12 WIB. Dia memberi isyarat bahwa hubungannya dengan PDIP akan cerah.

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu mengatakan partainya terbuka menjalin kerja sama dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Terlebih, kata dia, Anies merupakan salah satu tokoh yang diusulkan DPD PDIP DKI untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

"Ya PDI Perjuangan kan sangat terbuka untuk membangun kerja sama. Nah, artinya satu diantara nama yang diusulkan DPD PDI Perjuangan Jakarta satu diantaranya ya dari eksternal itu ada nama Pak Anies Baswedan," kata Masinton kepada wartawan di Kantor DPD PDIP DKI, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.