Sukses

Cak Imin Umumkan Formasi Baru PKB Senin Besok 26 Agustus 2024, Pastikan PBNU Tak Terlibat

Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memastikan, usai rangkaian Muktamar Bali rampung, partainya akan mengumumkan formatur baru jajaran kepengurusan PKB periode 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (Ketum PKB) Abdul Muhaimin Iskandar memastikan, usai rangkaian Muktamar Bali rampung, partainya akan mengumumkan formatur atau formasi baru jajaran kepengurusan PKB periode 2024-2029. Kepengurusan akan diumumkannya Senin besok 26 Agustus 2024 di Jakarta.

"Ya, malam ini tuntas. Insya Allah kita akan umumkan besok hari Senin di Jakarta," ujar pria karib disapa Cak Imin kepada awak pers di Nusa Dua Convention Center, Bali, Minggu sore (25/8/2024).

Dia menegaskan, PKB saat ini adalah partai yang mandiri. Dia percaya, PKB dapat independen dan tidak bergantung kepada siapa pun, termasuk PBNU.

"Yang paling fokus adalah PKB independen. Tidak ada urusannya sama PBNU yang sekarang," tegas dia.

Diketahui, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin kembali ditunjuk secara aklamasi dan menjadi mandataris tunggal sebagai ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2024-2029. Hal itu diputuskan usai seluruh peserta rapat pleno Muktamar PKB Bali menyetujuinya.

"Memutuskan dan menetapkan Doktor Abdul Muhaimin Iskandar sebagai ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2024-2029 ditetapkan di Bali, Minggu 25 Agustus 2024 pukul 00.01 waktu Bali," kata Jazilul Fawaid selaku pimpinan sidang pleno di Nusa Dua Convention Center, Minggu dini hari (25/8/2024).

Sebelum ditetapkan, diketahui pria karib disapa Cak Imin tersebut sudah mengantongi persetujuan dari total 38 Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) untuk menjadi ketua umum PKB untuk periode 2024-2029.

Persetujuan tersebut berlangsung secara aklamasi, sebab seluruh Dewan Pengurus Wilayah di 38 provinsi secara musyawarah mufakat hanya meminta nama Cak Imin untuk mengemban jabatan tersebut.

"Setuju!," seru peserta Muktamar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cak Imin Kembali Jadi Ketua PKB, Akui Terima Pesan Khusus dari Wapres Ma'ruf Amin

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin usai terpilih kembali terpilih menjadi ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2024-2029.

Setelah terpilih menjadi ketua umum PKB, Cak Imin menyatakan partai yang baru saja bergabung ke koalisi pemerintah itu harus menjadi partai yang mandiri ke depannya.

Ia menyampaikan pernyataan tersebut usai sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah PKB saat menyampaikan dukungan untuk dirinya di Muktamar PKB dan meminta agar partainya bisa independen dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

"Memang perbincangan di kalangan para kiai momentum PBNU tidak mendukung PKB saat pemilu kemarin, dan menghasilkan hasil yang bagus, malah justru berkah buat PKB untuk benar-benar independen dan mandiri," kata Cak Imin di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu 24 Agustus 2024.

Menurut Cak Imin, independensi dan kemandirian akan membuat PKB menjadi partai yang tidak lagi bergantung pada lembaga manapun.

"Karena setelah independen dan mandiri, maka PKB tidak lagi bergantung kepada lembaga maupun organisasi mana pun," ungkap dia.

Sementara itu, dia menilai amanah untuk memimpin kembali PKB selama lima tahun mendatang merupakan hal yang berat. Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa dirinya akan bekerja sekuat tenaga.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa dalam jangka pendek akan menyukseskan semua tahapan Pilkada 2024 dengan menggerakkan semua komponen partai, yakni kader hingga para anggota legislatif.

"Kedua, jangka pendeknya adalah menjadi bagian dari transisi kekuasaan pada Oktober nanti. DPRD baru, DPR RI baru, Presiden baru," jelas Cak Imin.

 

3 dari 3 halaman

Pesan Khusus dari Ma'ruf Amin untuk PKB

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengakui ada pesan khusus dari Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kepada dirinya dan partai.

"Kiai Ma'ruf Amin mengajak untuk benar-benar konsisten di dalam berjuang bersama," kata pria karib Cak Imin di Nusa Dua Convention Center, Bali, Minggu (25/8/2024).

Cak Imin menambahkan, dirinya juga bersyukur sebab semalam Ma’ruf Amin telah diberi mandat oleh para kiai dan para masyayikh sebagai ketua dewan syuro PKB.

"Saya senang dan bangga bersyukur Kiai Ma’ruf ditunjuk oleh para kiai untuk menjadi Ketua Dewan Syuro sekaligus bersedia untuk bersama sama menguatkan DPP PKB," ungkap Cak Imin.

Dia pun memastikan, dalam 1 x 24 jam dirinya akan membuat susunan kepengurusan PKB, khususnya memasukkan nama KH Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro.

"Insya Allah, 1 × 24 jam udah selesai," kata Muhaimin Iskandar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.