Sukses

Kunjungan ke Lampung, Jokowi Bakal Resmikan Bendungan Margatiga

Jokowi bertolak ke Provinsi Lampung dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Senin (26/8/2024). Jokowi diagendakan meresmikan sejumlah proyek infrastruktur mulai dari, bendungan hingga revitalisasi pasar.

Jokowi bertolak ke Provinsi Lampung dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.45 WIB.

Setelah tiba di Kabupaten Lampung Selatan, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lampung Timur dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Di sana, Jokowi direncanakan akan meresmikan Bendungan Margatiga. Setelah itu, Jokowi akan kembali menuju Lampung Selatan untuk meresmikan sejumlah infrastruktur lainnya salah satunya, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Lampung.

"Bapak Presiden rencananya akan meresmikan dua infrastruktur yaitu SPAM Kota Bandar Lampung dan revitalisasi Pasar Pasir Gintung. Kedua infrastruktur ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk masyarakat," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya, Senin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Didampingi Sejumlah Menteri

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Sebagai informasi, Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik, dengan luas genangan seluas 2.217 hektare dan tinggi bendungan 22,5 meter.

3 dari 3 halaman

Habiskan Rp850 miliar

Pengerjaan bendungan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp850 miliar, dan bendungan itu memiliki manfaat untuk pengairan daerah irigasi di Provinsi Lampung dengan luas mencapai 16.588 hektare.

Daerah irigasi tersebut terbagi menjadi daerah irigasi Jabung Kiri seluas 5.638 hektare dan daerah irigasi Jabung Kanan seluas 10.950 hektare.

Selain itu Bendungan Margatiga juga mampu memasok air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur dan mampu mereduksi banjir sebesar 83,10 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur dan Bandarlampung.

Serta memiliki fungsi untuk konservasi air, penyaluran air guna mencegah masuknya air asin dan potensi di sektor pariwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini